Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 5 No. 1 (2015): April

Komunikasi Guru Pendamping Pendidikan Inklusi: Studi Kasus Siswa Hiperaktif di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo

Kholifatun Kurnia (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2015

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana proses komunikasi guru pendamping dengan siswa hiperaktif dalam pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lemahputro 1 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Proses komunikasi guru pendamping pada anak hiperaktif adalah langkah-langkah yang dilakukan guru pendamping dengan siswa hiperaktif untuk melakukan kegiatan komunikasi. Langkah-langkah tersebut adalah memahami, melatih, sabar, membangkitkan kepercayaan diri, mengenali minat siswa, dan berbicara. Sedangkan cara berkomunikasi menggunakan komunikasi antarpribadi yang terdiri dari pesan verbal maupun nonverbal. Dalam pesan nonverbal menggunakan pesan kinesik berupa penggunaan gerakan tubuh dalam proses komunikasi dan pesan paraliungstik yaitu nada dan kecepatan (ritme) dalam pemberian pesan verbal. Pesan yang disampaikan harus berulang-ulang jika anak tidak mengerti.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan ...