Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing dengan LKS berbasis TEQ terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak lurus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest – posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 SMA Laboratorium UM Semester Ganjil 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan bahwa rata – rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen, yaitu 83,53, lebih tinggi daripada rata – rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis kelas kontrol, yaitu 77,56. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan LKS berbasis TEQ lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2019