Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 5, No 3 (2018)

PENGGUNAAN KARTU MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGKLASIFIKASIKAN MAKHLUK HIDUP

Ika Kartikawati (Guru SMP Negeri 19 Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai siswa SMP kelas VII dalam  mata pelajaran IPA (mengklasifikasikan makhluk hidup). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Objek penelitian adalah siswa  SMP Negeri 19  Tasikmalaya kelas VII-F Tahun pelajaran 2016/2017 (N= 28).  Data dikumpulkan dengan teknik:  (1) Observasi, (2) Tes, dan (3) Wawancara. Simpulan dalam penelitian ini adalah:  (1) Proses pembelajaran IPA pada konsep Klasifikasi Makhluk Hidup  dengan menggunakan kartu make a match hasil modifikasi terbukti efektif. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan pada  proses pembelajaran sebesar 15.91% pada siklus I dan 19.32% pada siklus II. Demikian pula dengan aktivitas siswa, pada siklus I menjadi 77.25%  atau mendapat peningkatan 17.5% dan pada siklus II meningkat menjadi 93.37% atau mendapat peningkatan 16.12%; (2) Penggunaan kartu make a match hasil modifikasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam konsep klasifikasi makhluk hidup, yang diibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 71% atau mengalami peningkatan sebesar  24% . pada siklus II menjadi 84% atau mengalami peningkatan sebesar 13%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...