cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
jurnalwahanapendidikan@gmail.com
Phone
+6285220520401
Journal Mail Official
jurnalwahanapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jln. R.E. Martadinata No. 150 Tlp. (0265) 772192
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Wahana Pendidikan
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23552425     EISSN : 27156796     DOI : 10.25157
Core Subject : Education,
Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun (Januari dan Agustus). P-ISSN: 2355-2425 dan E-ISSN : 2715-6796 Wahana Pendidikan is a high-quality open access peer-reviewed research journal published by the Teaching and Education Faculty of Galuh University (UNIGAL). Wahana Pendidikan provides a platform that welcomes and recognizes high-quality original empirical research articles on education written by researchers, academics, professionals and practitioners from around the world.
Articles 195 Documents
SIKAP BAHASA MASYARAKAT DUKUH BALSIAH DESA MALAHAYU KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES TERHADAP BAHASA JAWA DAN IMPLIKASINYA Maratun Solihha; Agus Riyanto; Leli Triana
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa masyarakat Dukuh Balsiah, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, terhadap bahasa Jawa, mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan sikap bahasa masyarakat Dukuh Balsiah, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, terhadap bahasa Jawa dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah tuturan masyarakat Dukuh Balsiah, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, dan karakteristik masyarakatnya beserta hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan bahasa daerah yang dominan dalam komunikasi. Wujud data penelitian berupa penggalan-penggalan tuturan yang mengandung  sikap bahasa masyarakat Dukuh Balsiah, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, terhadap bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak, menggunakan teknik simak bebas libat cakap, simak libat cakap, teknik rekam, teknik catat dan menggunakan metode wawancara. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu dan teknik hubung banding bedakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap bahasa masyarakat Dukuh Balsiah,  Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, terhadap bahasa Jawa bersikap negatif. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA, kelas XI semester genap dengan materi teks naskah drama/film.
PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS.s MOTI VERBOND, TERNATE Yusri A Boko; Fahmi Djaguna
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Problem pengelolaan sekolah saat ini karena banyak yang masih mengabaikan peran komite. Komite memiliki peran yang luar biasa dalam meningkatkan mutu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peran Komite Madrasah Tsanawiyah swasta Moti Verbond, seperti advisory agency, supporting agency, controlling agency, dan mediator agency dalam meningkatkan mutu, 2) kendala dihadapi Komite Madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dilaksanakan pada Komite MTS.s Moti Verbond tanggal 10-16 Agustus 2022. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen. Pengujian keabsahan data ialah triangulasi, reduksi data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan mutu ada yang berjalan sudah baik, meskipun berjalan sesuai dengan kondisi, a) peran sebagai mediator (mediator agnecy) bisa dikatakan berjalan meskipun masih banyak kekurangan. Karena sampai saat ini mediasi komite tentang kekuaragan siswa belum menuai hasil, b) peran komite pemberi pertimbangan (advisory agency) telah berjalan dengan baik, di mana sekolah selalu memberikan saran dan masukan pada saat rapat penting, seperti kegiatan RKAS dan RIPS. Komite madrasah dalam menjalankan peran sebagai pemberi dukungan mutu masih sebatas memberikan motivasi, yakni kegiatan Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) tahun 2018 dan 2019 yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Manado, komite hanya memberi dukungan, c) peran komite sebagai pengontrol dalam amatan peneliti masih dalam hal yang belum begitu menyentuh langsung ke sekolah. Komite harus memiliki indikator sendiri dalam menilai mutu bukan sekedar memberi dorongan karena mutu merupakan hal yang dinamis. Kendalanya secara eksternal ialah tidak ada SDM maupun tidak adanya ADRT.
PENGGUNAAN DEIKSIS PERSONA DALAM NOVEL PADA SENJA YANG MEMBAWAMU PERGI KARYA BOY CANDRA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA Rizqi Wahyu Ramadhani; Syamsul Anwar; Leli Triana
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/jwp.v10i1.8262

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan deiksis persona dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wacana pada novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra. Berdasarkan data yang diperoleh dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra dapat ditemukan deiksis persona yang ditemukan dari kalimat-kalimat dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra berjumlah 190 data. Deiksis persona dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra memiliki implikasi dalam pembelajaran sastra di sekolah. Temuan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester 2 pada materi pokok menginterpretasi makna teks novel. Adapun saran yang dapat diajukan untuk guru Bahasa Indonesia diharapkan dapat manfaatkan novel tidak hanya dalam pembelajaran sastra saja, namun dapat digunakan pula sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia dalam hal penggunaan deiksis yang dikembangkan menjadi pemilihan kata sehingga dapat diimplikasikan pada pembelajaran menulis.
ANALISIS DEIKSIS SOSIAL DALAM BERITA BENCANA ALAM PADA MEDIA ONLINE DETIKNEWS.COM EDISI JANUARI-MEI 2022 DAN REKOMENDASI SEBAGAI BAHAN AJAR MODUL TEKS EDITORIAL DI KELAS XII Harum Ismika Sakti; Roni Nugraha Syafroni; M. Januar Ibnu Adham
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/jwp.v10i1.8505

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi deiksis sosial dalam berita bencana alam pada media online detiknews.com edisi Januari-Mei 2022. Teks berita tersebut berisi tentang informasi berita mengenai bencana alam yang terjadi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan simak catat. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data teks berita pada media online detiknews.com seputar bencana alam oleh peneliti selama edisi Januari sampai Mei 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk dan fungsi deiksis sosial pada teks berita media online detiknews.com seputar bencana alam. Bentuk deiksis sosial yang terdapat berupa kata, frasa, klausa. Bentuk kata yaitu berjumlah 2 kata, bentuk frasa berjumlah 8 frasa, dan bentuk klausa berjumlah 2. Sementara itu, ditemukan fungsi pemakaian deiksis sosial dalam berita bencana alam pada media online detiknews.com yaitu: 1) sebagai pembeda tingkat sosial, dan 2) sebagai pembeda identitas sosial. Wujud deiksis sosial yang ditemukan dalam berita bencana alam pada media online detiknews.com menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan sosial antarpartisipan. Kata Kunci: Deiksis sosial, Detiknews.com, Teks berita 
PENERAPAN EKONOMI SIRKULAR PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) DI SMK PUSAT KEUNGGULAN Aan Rosydiana
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/jwp.v10i1.8599

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskriksikan bagaimana penerapan sirkular ekonomi pada Badan Layanan Umum Daerah  di SMK Negeri 2 Ciamis. Mengingat  pentingnya implementasi ekonomi sirkular pada BLUD untuk mendukung program pemerintah sesuai dengan master plan implementasi ekonomi sirkular hingga tahun 2025. Penelitian ini penting dilakukan karena keberadaan BLUD diarahkan pada pengembangan pembelajaran berbasis industri. Oleh karena itu, model administrasi BLUD harus dikenal sebagai model  lembaga  lain yang ingin mencapai status ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena sifatnya yang studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan konsep dasar analisis  Miles dan Huberman. Kesimpulan dari penelitian ini : Implementasi sirkular ekonomi dalam mejalankan BLUD memberikan kejelasan dalam perencanaan dan penganggaran oleh sekolah sehingga dapat memaksimalkan pendapatan yang diterima agar bisa memberikan kesejahteraan terhadap warga sekolah dengan adanya pemberian remunerasi berupa pemberian gaji, honorarium, tunjangan tetap, insentif, bonus atas prestasi, pesangon, dan/atau pensiun dengan berorientasi pencapaian sasaran kerja dan kinerja sesuai jabatan yang diembannya.  Pengelolaan lingkungan dan limbah di Lingkungan Sekolah menerapkan prinsip Reduce dengan Mengurangi penggunaan energi, Reuse dengan menggunakan bersama-sama aset yang ada, Recycle dengan menggunakan kembali material yang ada, Recovery dengan memanufaktur ulang produk atau komponen serta Repair dengan mengganti kemasan plastik dengan yang berbasis kertas.
PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS CERITA RAKYAT KARAWANG SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP AL MUHAJIRIN TEGALWARU Ahmad Abdul Karim; Sahlan Mujtaba; Dian Hartati
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/jwp.v10i1.8770

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar teks cerita rakyat, serta mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas bahan ajar pada peserta didik kelas VII SMP Al Muhajirin Tegalwaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Peneliti mengadaptasi dan melakukan penyederhanaan terhadap langkah-langkah penelitian Borg & Gall. Sumber data penelitian diperoleh melalui wawancara dan survei terhadap guru, dosen, dan peserta didik. Data yang terkumpul dievaluasi menggunakan statistik deskriptif. Hasil validasi dari guru bahasa Indonesia diperoleh skor rata-rata 3,88 dari aspek isi/materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan dengan persentase 97%. Sementara hasil validasi dari dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diperoleh skor rata-rata 3,6 dari aspek isi/materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan dengan persentase 90%. Setelah produk yang dikembangkan memasuki tahap revisi, dilakukanlah uji coba terhadap 30 orang peserta didik kelas VII SMP Al Muhajirin Tegalwaru. Perolehan skor empat aspek yang diuji ialah 3,92 dengan capaian persentase 98%. Berdasarkan uji lapangan, produk bahan ajar berbasis cerita rakyat Karawang telah memenuhi kriteria dan layak digunakan dalam pembelajaran.
INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI QUIZIZZ DI ERA NEW NORMAL (Penelitian Pengembangan Aplikasi Di Kelas XI MAN 1 Garut) Mia Maryam Sarah; Nenden Munawaroh; Asep Tutun Usman
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/jwp.v10i1.8886

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di MAN 1 Garut, beberapa peserta didik mengalami perubahan sikap yang sangat signifikan setelah dilaksanakannya Pembelajaran jarak jauh pasca pandemi covid-19 yang menyebabkan tidak efektifnya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan inovasi media pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Quizizz yang berfokus pada mata pelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Adapun populasi penelitian ini adalah kelas XI IIK, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IIK I. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, validasi ahli, tes kemampuan peserta didik dan lembar kuesioner tanggapan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media Aplikasi Quizizz yang telah dikembangkan telah layak digunakan tanpa diperbaiki, hal ini dilihat dari hasil validasi para ahli dengan nilai 4,6.
Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Akuntansi Siswa SMA Firman Aryansyah
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/jwp.v10i1.9092

Abstract

The teacher 's role as educator very important in implementation learning, how can the teacher not play a role dominant and monopolize implementation learning in class so that independence student in understand something theory learning will more optimal. Teacher too need adapt method teach student with condition current based technology so that students could study with atmosphere fun, enthusiastic, active, and creative so that capable increase understanding to the material being taught and reach competence specified basis. Learning media is one influencing factors fast or slow student in understand something theory lesson Method and strategy in learning have linkages and attachment with learning media, so that the teacher or educator need learn anything only related with determination of learning media to use reach effectiveness implementation learning specifically learning accountancy by because that need developed update learning media innovation Learning media needed is a medium that gives Theory easy complete understood participant educate more if the learning media could accessed where just and when course.Peran guru sebagai pendidik sangat penting dalam pelaksanan pembelajaran, bagaimana guru tidak berperan dominan dan memonopoli pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga kemandirian siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran akan lebih optimal. Guru juga perlu menyesuaikan cara membelajarkan siswa dengan kondisi kekinian yang berbasis teknologi agar siswa dapat belajar dengan suasana menyenangkan, antusias, aktif, dan kreatif sehingga mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diajarkan dan mencapai kompetensi dasar yang ditentukan. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya siswa dalam memahami suatu materi pelajaran Metode dan strategi dalam pembelajaran memiliki keterkaitan dan keterikatan dengan media pembelajaran, sehingga guru atau pendidik perlu mempelajari apa-apa saja yang berkaitan dengan penetapan media pembelajaran guna mencapai efektifitas pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran akuntansi oleh karena itu perlu dikembangkan pembaharuan inovasi media pembelajaran Media pembelajaran yang diperlukan adalah media yang memberikan materi lengkap yang mudah dipahami peserta didik terlebih jika media pembelajaran dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
Efektifitas Pengembangan Kemampuan Dosen Melalui Kegiatan Webinar Adrial Falahi; Julianto Hutasuhut
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/jwp.v10i1.9280

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan Webinar oleh para dosen dalam rangka pengembangan kemampuan untuk menunjang kinerja dosen. Penelitian ini dilakukan pada Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan metode survey dan perolehan data melalui pengisian kuisioner di google form. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang dosen Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah dengan kriteria dosen yang telah tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi. Dalam penelitian ini, analisis deskriptif kuatitatif merupakan analisis data yang disajikan dalam bentuk kategori persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor interactivity yang ditunjukkan dengan penguasaan fitur-fitur dari aplikasi webinar belum begitu banyak digunakan oleh para dosen. Faktor independency yang diwujudkan dengan kesiapan mengikuti webinar dan proses pencarian materi tambahan serta kemampuaan dalam mengatasi solusi dalam webinar juga sudah sangat tinggi. Accessibility menjadi kendala utama dalam mengakses internet sedangkat faktor lainnya berupa enrichment atau kemampuan teknis dan ketersediaan perangkat komputer bukanlah menjadi masalah bagi para dosen.
Optimasi Google Drive sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Unik Hanifah Salsabila; Nurrabia Bunga Mara patih; Syafiq Muhammad Nabil; Muhammad Riesqi Arrashid; Rahma Sari
Wahana Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Januari (2023)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/jwp.v10i1.9311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan Google Drive sebagai platform Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis literature review yang menggunakan data berupa teks dari perpustakaan atau data sekunder yang tersedia. Temuan studi lainnya menunjukkan bahwa Google Drive merupakan platform yang tepat untuk mengamati kerja kelompok dan membagi serta mengumpulkan tugas di luar kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Google Drive layak digunakan oleh siswa dan guru karena fitur yang memudahkan berbagi dokumen. Fitur Google Drive telah menjadikan layanan ini peluang dan potensi yang sangat besar bagi persentase Pendidikan Islam di seluruh dunia.

Page 1 of 20 | Total Record : 195