Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan zaman yang mengharuskan siswa memiliki keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan berpikir kritis siswa tidak diperoleh begitu saja, akan tetapi siswa harus dilatih dan dibiasakan dengan pola-pola pembelajaran tertentu yang menuntut siswa untuk berpikir lebih dalam. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti bermaksud untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (pbl) metode inquiri dengan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode ceramah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan teknik tes.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning metode inquiri terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah.
Copyrights © 2017