Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 4, No 2 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) METODE INQUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Ciamis)

Ilah Ilah (Dosen Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan zaman yang mengharuskan siswa memiliki keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan berpikir kritis siswa tidak diperoleh begitu saja, akan tetapi siswa harus dilatih dan dibiasakan dengan pola-pola pembelajaran tertentu yang menuntut siswa untuk berpikir lebih dalam. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti bermaksud untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (pbl) metode inquiri dengan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode ceramah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan teknik tes.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning metode inquiri terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...