Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 28, No 1 (2018)

Pengembangan sumber belajar basis data bermuatan conceptual learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar

Azzhan Shahrul (Universitas Negeri Malang)
muladi . (Universitas Negeri Malang)
Triyana Widiyaningtyas (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2019

Abstract

Mata pelajaran basis data menunjang siswa untuk membangun, mengatur, dan memanipuasi data yang berupa informasi, gambar, video, audio, dan kombinasi dari yang disimpan dalam media elektronik dan diolah sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan efektif dan efisien. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa pemahaman siswa dalam memahami pelajaran basis data masihlah rendah. 70% siswa merasa bahwa mata pelajaran basis data sulit untuk dipahami. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sumber Belajar berupa Modul Ajar dengan muatan Conceptual Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar pada Siswa. Sumber belajar ini dikembangkan dengan menggunakan Model Pengembangan Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Hasil kelayakan dari ahli materi yaitu 81%, validasi ahli media 87,5%, hasil uji coba memperoleh presentase sebesar 87.9%, Peningkatan pemahaman konsep siswa mendapatkan nilai post test lebih tinggi 53% dari rata-rata nilai pre test, dan kemandirian belajar mendapat rata-rata sebesar 82.04%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...