cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
tekno.journal@um.ac.id
Editorial Address
Gedung G.4, Lantai 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 26864657     DOI : 10.17977
Core Subject : Engineering,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are welcome
Articles 110 Documents
Analisis Stabilitas Tegangan Listrik: Studi Kasus Sistem Transmisi Daerah Madura (150 KV) rosyadi, faizun ulur
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i1pIn press

Abstract

Permasalahan Kestabilan tegangan listrik selama pengoperasian sistem tenaga listrik menyebabkan kegagalan yang serius pada sistem tenaga listrik sehingga membuat pengembangan analisis stabilitas menjadi kebutuhan mutlak. Pada data yang diperoleh dari PT. PLN (Persero) UP2B Jawa Timur khususnya daerah Madura pada bulan Maret 2019 terdapat drop voltage yang besar, pada Maret 2019 bus Sumenep terjadi drop voltage sampai 133 kV. Dalam sistem penyediaan tenaga listrik, secara umum tegangan sistem harus dipertahankan dalam batasan (+5%) dan (–10%) dari tegangan nominalnya sesuai Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 03 Tahun 2007 tentang Aturan Jaringan Sistem Tenaga Listrik Jawa-Madura-Bali. Berdasarkan peraturan tersebut, kondisi tegangan pada bus beban sumenep mengalami drop voltage sebesar 17 kV atau >10% sehingga drop voltage yang terjadi sudah melewati batas standar tegangan yang diijinkan. Pada bus lain daerah Madura juga mengalami penurunan tegangan yang hampir mendekati batas standar seperti pada bus Sampang drop voltage sebesar 136 kV dan bus Pamekasan sebesar 137 kV. Untuk memprediksi stabilitas tegangan dari system di Madura dapat dilakukan dengan studi analisa stabilitas tegangan menggunakan metode Q-V Sensivity. Pada Q-V Sensivity diasumsikan tegangan dan beban bus tidak berubah, ketika nilai jacobian reduksi (JR) bernilai negatif menunjukkan bahwa kondisi bus tersebut tidak stabil. Pada hasil analisa bus Sumenep bernilai negatif sebesar -0,015 sedangkan bus lainnya bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada sistem transmisi Madura 150 kV terdapat bus yang tidak stabil teganganya yaitu pada bus Sumenep.
Halaman Depan Jurnal Tekno - 28 (1) Ahmad Mursyidun Nidhom
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.149 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p%p

Abstract

Studi prakiraan beban listrik menggunakan metode artificial neural network Yuan Octavia; Arif Nur Afandi; Hari Putranto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.188 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p116-129

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan prakiraan beban listrik jangka panjang menggunakan metode Artificial Neural Network (ANN) dengan penerapan algoritma backpropagation pada studi kasus distribusi energi listrik Area Mojokerto. Pada penelitian ini digunakan 8 variabel, dimana untuk variabel dependent berupa beban listrik, sedangkan untuk variabel independent digunakan 7 variabel yaitu jumlah penduduk, PDRB, jumlah pelanggan sektor rumah tangga, jumlah pelanggan sektor industri, jumlah pelanggan sektor usaha, jumlah pelanggan sektor sosial, dan susut distribusi. Berdasarkan hasil percobaan beberapa arsitektur ANN, diperoleh hasil MAPE pengujian terbaik sebesar 0.512% yang berarti memiliki tingkat akurasi tinggi. Hal ini berarti metode ANN dengan algoritma backpropagation dapat diterapkan sebagai metode prakiraan beban listrik untuk studi kasus pada distribusi energi listrik Area Mojokerto. Model ANN-backpropagation terbaik pada penelitian ini adalah variasi bobot dan bias awal diatur secara manual dengan modifikasi menggunakan algoritma inisialisasi Nguyen Widrow, jaringan memiliki 2 hidden layer dengan penyusunan 5 neuron pada hidden layer 1 dan 15 neuron pada hidden layer 2, nilai learning rate dan momentum berturut-turut adalah 0.9 dan 0.1. Berdasarkan arsitektur ANN terbaik, prakiraan beban listrik distribusi area Mojokerto pada tahun 2018 sampai dengan 2030 cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, meskipun ada penurunan sebesar 0.157% dari tahun 2027 ke tahun 2028. Hasil prakiraan terendah ada pada tahun 2018 dengan hasil 312.7489 MW dan beban tertinggi ada pada tahun 2030 dengan hasil 383.5597MW. Hasil prakiraan beban listrik Area Mojokerto dari tahun 2018 sampai dengan 2030 mengalami kenaikan sebesar 22.641% dengan kenaikan rata-rata 1.728% per tahunnya
Personalisasi virtual laboratory menggunakan kecerdasan buatan Irawan Dwi Wahyono
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.071 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i1p86-96

Abstract

Perkembangan teknologi pembelajaran di industri 4.0 dalam beberapa tahun terakhir ini berkembang pesat salah satunya adalah aplikasi virtual. Salah satu aplikasi pembelajaran virtual yang dikembangkan saat ini adalah laboratorium virtual. Penggunaan laboratorium virtual dalam Revolution 4.0 sangat berguna terutama lembaga pendidikan yang tidak memiliki cukup ruang dan peralatan. Penelitian laboratorium virtual telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Pengembangan laboratorium virtual yang dikembangkan adalah media, model dan bahan di laboratorium virtual. Laboratorium virtual yang ada adalah pembelajaran satu arah. Laboratorium virtual tidak memiliki umpan balik dengan pengguna terutama keinginan dan kemampuan pengguna di laboratorium virtual. Diperlukan pembelajaran laboratorium berdasarkan keinginan dan kemampuan pengguna. Model pembelajaran ini dikenal sebagai personalisasi. Penelitian ini mengembangkan laboratorium virtual yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Kemampuan dan kemauan pengguna diproses oleh kecerdasan buatan untuk menentukan model, media dan bahan yang cocok untuk pengguna. Hasil uji coba di laboratorium virtual ini memperoleh nilai akurasi menurut pengguna berdasarkan hasil personalisasi yang diperoleh sebesar 90,8%
Perbedaan hasil belajar antara penerapan model cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran dasar pemrograman siswa kelas X di SMK Negeri 2 Madiun Wahyu Sakti Gunawan Irianto; Syaad Patmanthara; Evania Kurniawati
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1265.405 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i1p30-36

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan signifikansi perbedaan hasil belajar dari penerepan model pembelajaran TPS pada mata pelajaran. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MM 1 sebagai kelas eksperimen dan X MM 2 sebagai kelas kontrol di SMKN 2 Madiun.Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat adalah hasil belajar. Dari hasil penelitian dan analisa menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney didapat hasil bahwa model pembelajaran TPS dan PBL bisa meningkatkan hasil belajar, dan terdapat perbedaan yang signifikan.
Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Jaringan Dasar untuk SMK kelas X semester II program keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan berdasarkan Kurikulum 2013 Muhamad Zainal Arifin; Muladi Muladi; Fath Faizal Mubarok
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1298.411 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p125-132

Abstract

Sistem pendidikan nasional telah menggunakan Kurikulum 2013 sebagai pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pergantian kurikulum tersebut mengakibatkan terdapat mata pelajaran baru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yaitu Jaringan Dasar. Namun, hingga saat ini masih belum tersedia bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 untuk SMK TKJ khususnya pada mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Dari uraian tersebut, dilakukanlah penelitian pengembangan bahan ajar pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar untuk kelas X semester II TKJ. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan rancangan pembelajaran Dick & Carey. Tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis pebelajar dan konteks, (4) tujuan umum dan khusus, (5) mengembangkan instrumen, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan (9) melakukan revisi.
Pengembangan modul sistem operasi berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa di SMKN 1 Pogalan Arif Nurnanto; Setiadi Cahyono Putro; Hary Suswanto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.369 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p51-60

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk, membuat sebuah buku, mengobservasi keaktifan belajar siswa saat menggunakan buku yang dikembangkan dan mendeskripsikan hasil uji validasi buku untuk siswa SMKN 1 Pogalan Trenggalek. Tahap pengembangannya meliputi, (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi ahli; (5) uji coba kelompok kecil; (6) uji coba kelompok besar; (7) revisi; dan (8) diseminasi. peneliti juga melakukan observasi keaktifan menggunakan angket yang mengadopsi milik Sardiman. Peneliti juga melakukan uji terhadap responden mengenai isi dari materi yang ada pada buku.
Penerapan heutagogi gamifikasi terhadap evaluasi pembelajaran geografi di sekolah menengah pertama Ahmad Mursyidun Nidhom; Setiadi Cahyono Putro
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.476 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p190-197

Abstract

Evaluasi pembelajaran dalam bentuk tes sering menimbulkan kecemasan pada diri siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar terutama pada pelajaran yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat seperti pelajaran Geografi. Untuk menciptakan suasana evaluasi belajar yang santai dan tidak membuat siswa merasa cemas, dapat dilakukan dengan memanfaatkan game edukasi sebagai alat evaluasi pembelajaran. Game didesain dan dibangun seatraktif mungkin untuk  siswa kelas IX SMP dengan aplikasi Java 3D dengan. Game edukasi yang user-friendly, mudah diaplikasikan dan atraktif membuat siswa tidak sadar bahwa sebenarnya ia sedang dievaluasi. Pemanfaatan game edukasi sebagai alternatif media evaluasi pembelajaran mampu mengurangi kecemasan siswa dan membuat hasil evaluasi belajar  lebih mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya. Dari Hasil Uji Coba Fleksibilitas dan user friendly dengan mekanisme black box mendapatkan nilai 87,3%, hal ini menandakan konsep gamifikasi berjalan secara maksimal.
Mitigasi Transmission Line Loss Melalui Perubahan Jarak Antar Konduktor Wijaya, Yusuf Pandhu
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i1pIn press

Abstract

Transmission Line Loss is an obstacle that cannot be avoided from the electricity transmission process. Transmission Line Loss is a phenomenon that is affected by loss of power due to corona and loss of power due to conductance resistance. Transmission Line Loss can be detrimental to the seller, because the electricity sent to the buyer is partially lost in the shipping process. However, losses can be reduced by increasing the distance between conductors so that the risk of Transmission Line Loss can be mitigated. In the transmission between the Waru bay Buduran substation, 83MW - 145MW of power is transmitted and 1.1 MW - 1.9 MW is lost due to losses in the transmission. Through this method, the loss of the transmission line can be reduced by 2.8% - 11.2%, so that the loss of the transmission line is reduced to 0.8MW – 1.8MW.
Pengembangan bahan ajar interaktif pada matapelajaran sistem komputer berbasis PBL untuk SMK Arizia Aulia Aziiza; Syaad Patmanthara; Triyana Widiyaningtyas
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.696 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p166-176

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matapelajaran sistem komputer kelas X di SMK Negeri 1 Banyuwangi, bahan ajar yang digunakan masih berupa file dengan format .pdf dari guru dan bersumber dari internet. Bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi masih belum tersedia mengakibatkan siswa kesulitan untuk belajar secara mandiri maupun kelompok, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar berupa buku digital yang dikembangkan terintegrasi dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) yang diharapkan mampu mengajak siswa aktif dalam belajar secara mandiri maupun kelompok diskusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dengan penyampaian materi menggunakan power point. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, and Evaluation). Model pengembangan ini meliputi 5 langkah, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Sebelum bahan ajar diimplementasikan, dilakukan validasi dan uji coba untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berupa buku digital ini. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase validasi sebesar 92.1% sedangkan ahli media sebesar 86.05%. Uji coba dilakukan sebanyak 3 tahap, yaitu: (1) uji coba perseorangan memperoleh hasil sebesar 77%, (2) uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 81.1%, dan (3) uji coba kelompok besar memperoleh hasil 88.3%. 

Page 1 of 11 | Total Record : 110