Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol 9, No 2 (2019)

PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Widiastawa, Ayu (Unknown)
Martha, I Nengah (Unknown)
Wisudariani, Ni Made Rai (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : (1) perencanaan pembelajaran drama, (2) pelaksanaan pembelajaran drama, (3) hasil evaluasi pembelajaran drama, (4) teknik evaluasi pembelajaran drama. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI IBB SMA Negeri 1 Tejakula. Objek penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, hasil evaluasi, dan teknik evaluasi dalam pembelajaran drama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran drama yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus, RPP, media pembelajaran, dan evaluasi. (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang tertera pada RPP meliputi : pendahuluan, inti, dan penutup. (3) hasil evaluasi pembelajaran drama yang dilakukan guru sudah sangat baik, peserta didik sangat antusias mengikuti pembelajaran, nilai peserta didik di atas KKM, tidak ada siswa yang remidi, 6 orang siswa memperoleh nilai tertinggi dengan nilai 95. Peserta didik yang lain memperoleh nilai 70 sampai 80. (4) teknik evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian sikap pengetahuan, keterampilan, remedial dan pengayaan. Menggunakan metode penilaian observasi, penilaian diri, penilaian antartema, tes lisan, penugasan, tes tertulis, portofolio, praktik, produk, dan proyek.Disarankan, guru dapat mengikuti cara ini dalam melakukan pembelajaran drama.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...