Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol 3, No 2 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

ISTIKHDĀM WASĪLAH BITHĀQAH TASHNĪF AL KALIMĀT FĪ TA’LĪM AL TARKĪB LITARQIYATI QUDRAH AL TALĀMĪDZ ‘ALĀ AL AL INSYĀ AL MUWAJJAH

Syifa Siti Syadiyyah (MTsN 1 Ciamis)
Odang Odang (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2019

Abstract

Kemampuan siswa dalam  Mengarang terbimbing berkaitan erat dengan pemahaman gramatika. Pada kenyataannya, sebagian besar pendidik tidak memperhatikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan kurangnya pemahaman siswa dan menjadikannya berputus asa dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran tarkib. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengarang terbimbing sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut dalam pembelajaran tarkib. Penelitian Kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen model Pretest Postest design. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan mengarang terbimbing siswa sebelum menggunakan media kartu klasifikasi kata mencapai rata-rata 40,92, dan kemampuan siswa dalam mengarang terbimbing setelah menggunakan media tersebut mencapai rata-rata 63,92. Serta penggunaan media ini memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan peningkatan mencapai 0,39 dengan kategori cukup. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Talim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ta’lim Al-Arabiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education in the world. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teacher Training, Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung, Indonesia, ...