Pasar modal merupakan sarana yang efektif bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu juga untuk peningkatan penanAman modal oleh investor. Semakin banyak investor yang menanamkan modalnya pada suatu perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan. Nilai perusahaan sangat dipengaruhi oleh profitabilitas perusahaan, yang tercermin dari harga saham dan kinerja laporan keuangan yang positif. Untuk meyakinkan investor perusahaan perlu pengawasan eksternal yang independen. Semakin tinggi reputasi audit diyakini kualitas audit juga membaik. Kelompok auditor Big Four dan non Big Four merupakan sebagian klasifikasi dari reputasi audit pada Kantor Akuntan Publik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variable DER, ROA, CR dan Reputasi Auditor terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI perode 2010-2014. Sampel diambil dengan metode purposive sampling, yaitu dengan teknik tertentu. Dari laporan keuangan tersebut diperoleh 24 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan statistik Deskriptif, uji asumsi klasik, uji spesifikasi model dan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 1%, 5% dan 10%. Hasil penelitian dengan menggunaka PER sebagai proksi nilai perusahaan, secara signifikan dipengaruhi oleh ROA dengan tingkat signifikansi sebesar 0,0723, CR dengan tingkat signifikansi 0,0362 dan reputasi auditor dengan tingkat signifikansi 0,0051. Sedangkan seluruh variabel ini mempengaruhi sebesar 11,11% terhadap nilai perusahaan. Sedangkan 88,88% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain dari variabel yang diteliti pada penelitian ini.
Copyrights © 2018