ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis
Vol 22 No 2 (2019): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis

KOMPETENSI PRAKTISI SDM MENGHADAPI ERA INDUSRI 4.0

Susi Adiawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Menghadapi perkembangan era Industri 4.0 dengan karakteristiknya meliputi digitalisasi membawa tantangan bagi dunia kerja. Tantangan tersebut harus diantisipasi oleh pihak-pihak yang ahli dibidang SDM atau praktisi SDM. Salah satu factor yang harus diperhatikan dan dikembangkan oleh para praktisi atau para pimpinan adalah ketrampilan dan kompetensi yang harus tetap secara konsisten perlu ditingkatkan sesuai kebutuhan di Industri 4.0 yang mulai berkembang pesat. Para pemimpin atau mereka yang ahli di bidang SDM harus mempertimbangkan sector sumber daya manusia karena perusahaan mencapai survival sangat ditentukan oleh kompetensi para penentu keputusan. Tulisan ini merupakan sutdi literature terhadap beberapa jurnal yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia menghadapi industry 4.0. Dari telaahan pada literature didapatkan bawah Para pemimpin di era digital dituntut untuk memiliki kompetensi yang mampu harus mendorong orang lain, memiliki perspektif yang berbeda, berorientasi pada masa depan, coba pendekatan baru, menjadi inovatif, bertindak berbeda, belajar dan belajar, dan memiliki empati. Selain itu seorang pemimpin di era Industri 4.0 dituntut menjadi 'pemimpin yang pendiam', yang tidak banyak bicara menyelesaikan pekerjaan, memberikan gambaran besar, memfasilitasi kegiatan orang lain, menciptakan konteks dan peluang untuk tindakan kolektif, memiliki sikap pelayanan, menginspirasi, memotivasi orang lain, dan siapa yang bergairah dengan pekerjaannya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ESENSI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL ESENSI adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Manajemen Institut Bisnis Nusantara, dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan ilmiah dalam lingkup Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Komunikasi, Komputer, dan Bahasa ...