Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Vol. 7 No. 2 (2019): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah

REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM ANIMASI BATTLE OF SURABAYA

Sukanda, Ukon Furkon (Unknown)
Yulandari, Siti Setyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Representasi Nasionalisme Dalam Film Battle of Surabaya merupakan tema dalam penelitian ini. Masalah yang ditengahkan adalah bagaimana film Battle of Surabaya menggambarkan Nasionalisme, Perasahabatan, dan Motivasi Diri melalui tanda icon,index, dan symbol berdasarkan analisis model triadic Charles Sanders Pierce. Bagaimana Nasionalisme, Persahabatan, dan Motivasi Diri direpresentasikan dalam film Battle of Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma yang digunakan ialah paradigma konstruktivisme. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika model Charles Sanders Pierce. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah representasi Stuart Hall dan semiotika model Charles Sanders Pierce. Menurut Stuart Hall representasi bekerja melalui sistem representasi.Sistem representasi ini terdiri dari dua komponen penting, yakni konsep dalam pikiran dan bahasa. Hasil penelitian ini menampilkan beberapa tanda dan reperesentasi yang muncul dalam scene-scene pada film tersebut. Penulis mendapatkan data yang ditinjau dari konsep trikotomi object yakni Icon, Index, dan Symbol milik Charles Sanders Pierce. Tanda Icon, Index dan Symbol menggambarkan adanya benda, ekspresi, maupun tindakan yang menejelaskan bagaimana suatu scene dapat menjadi suatu tanda adanya nilai Nasionalisme, Persahabatan dan Motivasi Diri.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

DK

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Mass Communication Cultural Communication Political Communication Marketing Communications Intrapersonal-Interpersonal Communication Organizational Communication International ...