cover
Contact Name
Ade Irfan Abdurahman
Contact Email
airfan@unis.ac.id
Phone
+6281586517786
Journal Mail Official
dialektika.komunika@unis.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi, Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang, Banten 15118
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
ISSN : 23384751     EISSN : 27164012     DOI : https://doi.org/10.335956/33592/dk.v10i2
Mass Communication Cultural Communication Political Communication Marketing Communications Intrapersonal-Interpersonal Communication Organizational Communication International Communication
Articles 71 Documents
KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA ETNIS TIONGHOA DAN PENDUDUK MUSLIM DI BANTEN Faisal Tomi Saputra; Muhiroh .
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 7 No 2 (2019): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.515 KB) | DOI: 10.33592/dk.v7i2.366

Abstract

Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Interaksi masyarakat yang saling menghormati dan menghargai perbedaan menjadi kekuatan masyarakat Indonesia. Penelitian ini membahas tentang pola interaksi komunikasi antarbudaya etnis Tionghoa dengan pendudukmuslim yang tinggal di kawasan Pantai Tanjung Kait Tangerang, dan mengetahui apa saja hal-hal yang terkonstruksi dalam komunikasi antarbudaya tersebut dalam konstruksi realitas sosial yang terjadi secara terus-menerus, dan bagaimana persepsi masing-masing kelompok umat beragama serta penilaian yang berbeda terhadap suku lain. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian terdiri diwakili oleh masing-masing 3 informan dari masyarakat yang beretnis Tionghoa dan penduduk muslim. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antarbudaya etnis Tionghoa dengan penduduk muslim di kawasan Pantai Tanjung Kait Tangerang cukup kompleks. Terlihat dari kehidupan bermasyarakat umat beragama yang hidup berdampingan sejak dahulu, sehingga muncul sikap toleransi, partisipasi dan saling menjaga satu sama lain dalam berbagai kegiatan seperti kegiatan agama, budaya, sosial dan ekonomi.
SOSIALISASI EMPAT PILAR KEBANGSAAN HUMAS MPR RI MELALUI KEGIATAN SOSIAL BUDAYA Rialdo RM.L. Toruan; Radja Erland Hamzah; Aida Permata Sari
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 7 No 2 (2019): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.527 KB) | DOI: 10.33592/dk.v7i2.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh Humas MPR RI melalui sosial budaya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hubungan Masyarakat dan Model Four Steps Cultip, Center & Broom. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk memperoleh data ialah wawancara dan observasi. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme dan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Humas MPR RI dalam melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan mengemas unsur-unsur dan nilai melalui seni budaya yang disesuaikan dengan kondisi lokal sehingga mampu mengangkat kearifan lokal dan warisan para leluhur yang sejalan dengan falsafah hidup bangsa Indonesia. 
PENGARUH KEGIATAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN INFORMASI PIALANG JAKARTA FUTURES EXCHANGE Cakra Ningsih; Amalia Putri Ghaisani
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 8 No 2 (2020): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.798 KB) | DOI: 10.33592/dk.v8i2.680

Abstract

Salah satu peran public relations perusahaan adalah memberikan pelayanan informasi agar khalayak merasa puas. Tujuan penelitian untuk mengetahui besarnya pengaruh kegiatan public relations Jakarta Futures Exchange terhadap kepuasan informasi pialang. Landasan dari penelitian ini menggunakan teori kepuasan informasi dan teori Uses and Gratification sebagai penghubung antara konsep peran public relations dengan kepuasan informasi. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitaif eksplanatif. Cara mengambil sampel dengan menggunakan probability Sampling dengan teknik acak sederhana dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah direksi masing-masing pialang perusahaan, dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik deskripsi statistik. Hasilnya, nilai rxy sebesar 0.765, hal ini menunjukan bahwa nilai rxy > 0 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y sebesar 58,6% dengan pengaruh Kuat sedangkan sisanya sebesar 41.4% ditentukan oleh faktor lain. Dengan demikian kegiatan Public Relations Jakarta Futures Exchange (JFX) melakukan peran dan fungsi komunikasi dengan baik. 
ANALISIS SEMIOTIK MEME ANIES BASWEDAN BANJIR JAKARTA Ali Imron Hamid
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 8 No 1 (2020): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (906.339 KB) | DOI: 10.33592/dk.v8i1.554

Abstract

Maraknya penggunaan media sosial di Indonesia, membuat para penggunanya bebas memproduksi berbagai pesan komunikasi berdasarkan fenomena yang ada. Konsekuensi ini lantas menghadirkan kreativitas warganet dalam memproduksi meme berupa  gambar atau video yang berisi gagasan,  ide, yang lucu sebagai sarana hiburan. Namun belakangan meme yang tadinya hanya dimaksudkan untuk bahan candaan memiliki tujuan lain yaitu satire untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu seperti pada peristiwa banjir Jakarta yang melahirkan meme-meme yang beragam untuk mengkritik Gubernur Jakarta Anies  Bawesdan. Penelitian bertujuan untuk mengungkap makna semiotika di balik meme Anies Bawesdan tentang banjir Jakarta di twitter. Metode penelitian ini menggunakan pisau analisis semiotika Charles Pierce berupa tanda, obyek dan penafsir. Hasil penelitian mengungkap ada hubungan dan kesesuaian antara  tanda dengan makna semotika. Warganet ramai-ramai menggunakan gambar sebagai tanda untuk mengungkap ekspresi ketidaksukaan terhadap respon Anies Bawesdan dalam menuntaskan banjir Jakarta. Sedangkan makna obyek dalam meme terebut merupakan sindiran atau nyinyiran atas kelambanan Anies dalam menyelesaikan masalah banjir.Sedangkan daari sisi penafsir ada kesesuaian pemikiran dari warganet dengan meme hasil buatannya yang menyimpulkann bahwa Anies tidak becus menuntaskan masalah banjir Jakarta. Kata Kunci: meme, media sosial, semiotik, Anies Bawesdan.
Konstrusi Hoax Melalui Fitur Media Sosial Dalam Persfektif Cyberculture Hoax Constructions through Social Media Features in a Cyberculture Aulian khairani
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 7 No 2 (2019): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.489 KB) | DOI: 10.33592/dk.v7i2.360

Abstract

Fenomena kemunculan hoax di media sosial memang bukanlah hal baru, tetapi penyebarannya yang semakin meluas menjadi persoalan serius bukan hanya pada kasus hukumnya tetapi melihat bagaimana hoax menjadi masalah sosial karena perilaku pengguna media sosial yang telah melegitimasi perilaku manipulatif melalui akun media sosial. Penyebaran informasi bohong bahkan sengaja dilakukan menggunakan fitur-fitur di media sosial untuk tujuan dan kepentingan tertentu sehingga aktifitas menipu dalam ruang public digital kini telah menjadi tren atau budaya baru dikalangan pengguna sosial media. Fokus tulisan ini adalah untuk melihat “bagaimana konstruksi hoax melalui fitur media sosial dalam perspektif cyberculture” yang kemudia dijelaskan secara lebih dalam melalui sub bab bahasan antara lain: konsturksi hoax melalu fitur unggahan foto, konstruksi hoax menggunakan fitur tautan lokasi, konstruksi hoax pada fitur laman bio dan konstruksi hoax melalui fitur status,caption, dan tweet.
PERAN KOMUNIKASI PPID PROPINSI BANTEN DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Hilman Hilman
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 8 No 2 (2020): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.127 KB) | DOI: 10.33592/dk.v8i2.686

Abstract

Cangara, Hafid, 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo PersadaEfendy, Omong Uchjana, 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda KaryaDwiyanto, Agus, 2010, Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Yogyakarta : Gajahmada university pressGronroos, Christian, 1990. Servis management and marketing: managing the moments of truth in servis competition, Singapore: Maxwell MacmillianM.A.K Halliday dan Ruqaya hasan. Bahasa konteks dan Teks. Terjemahaan oleh Asruddin Barori Tou. Yogyakarta:  Gajahmada Press. 1994Mahmudi, 2007, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta : UPP STIM YKPNUndang-undang nomor: 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi PublikUndang-undang nomor: 23 tahun 2000 tentang Pembentukan Propinsi BantenUndang-undang nomr 25 tahun 2009 tentang pelayanan publikPERKI nomor: 1 tahun 2010 tentang Standar Layanan informasi PublikPERKI nomor: 5 tahun 2016 tentang Metode dan teknik evaluasi keterbukaan informasi badan publik.PERMENDAGRI nomor: 3 tahun 2017 tentang Pedoman pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi dilingkungan Kementerian Dalam negeri dan Pemerintah daerahKeputusan Gubernur nomor : 499.05/kep.216-Huk/2013 tentang Perubahan keputusan Gubernur Banten nomor : 499.05/kep.673-Huk/2011 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dilingkungan Propinsi Banten
EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA PRODUK HIJAB DAN OUTFIT CHIC SQUARE Sri Murdilah Fournawati; Widya Indah Mutiarani
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 7 No 1 (2019): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.127 KB) | DOI: 10.33592/dk.v7i1.580

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana efektivitas Instagram sebagai media promosi pada produk hijab dan outfit Chic Square. Untuk menjawab tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan teori Uses and Gratifications. Sedangkan yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu followers akun Instagram Chic Square dengan sampel 100 responden. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat efektivitas yang ditimbulkan oleh akun Instagram Chic Square sebagai media promosi produk yaitu sebesar 54,7%, sedangkan sisanya sebesar 45,3 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar akun Instagram Chic Square yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS MAKNA PEREMPUAN MASKULIN PADA FILM DISNEY BRAVE DAN MOANA Luna Safitri Salsabil
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 7 No 2 (2019): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13600.841 KB) | DOI: 10.33592/dk.v7i2.368

Abstract

Perempuan dalam konstruksi sosial selalu digambarkan feminim, seperti pada film Disney. Namun film Disney saat ini di awal tahun 2010an, muncul pergeseran citra perempuan pada film animasi Disney khususnya film Brave dan Moana. Perempuan yang pada dahulu film Disney mencitrakan diposisi subordinasi, dependen, dan pasif kini berubah menjadi sosok yang mandiri, mampu memimpin, aktif dan tidak membutuhkan laki-laki. penelitian ini bertujuan melihat bagaimana media memaknai perempuan maskulin. Teori yang digunakan teori gender yang membahas bagaimana konstruksi dan memetakan gender. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan semiotika Chris Mertz dalam mengintrepretasi data. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivis sehingga dapat menjelaskan bagaimana makna dibentuk. Hasil penelitian ini mengkonstruksikan perempuan menjadi tokoh utama dalam film brave (merida) dan moana (moana) yang mengarah pada karateristik maskulin. Seperti kuat, rasional, berani, mandiri, petarung, bernegosiasi. Saran dari penelitian ini diharapkan penelitian ini dapat menjelaskan media memaknai perempuan dan referensi mengenai studi gender
DRAMATURGI CONTENT CREATOR DALAM PRESENTASI DIRI DI INSTAGRAM (Studi Etnografi Virtual Pada akun Instagram @bangijal_tv) lina wati; Robi Setiawan
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 7 No 2 (2019): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.414 KB) | DOI: 10.33592/dk.v7i2.356

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori Dramaturgi dengan metode penelitian kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah Content Creator Muhamad Rijal Mulyana dalam Instagram @bangijal_tv. Alasan peneliti memilih @bangijal_tv karna Content Creator tersebut pernah mengisi beberapa program televisi swasta di Indoensia sebagai bintang tamu dan pemeran utama, sehingga menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Dramaturgi yang digunakan oleh informan dalam presentasi diri di Instagram @bangijal_tv, melalui unsur front stage (panggung depan) dan back stage (panggung belakang). Serta meninjau presentasi diri apa yang digunakan oleh informan.
PEMBINGKAIAN PEMBERITAAN DEMONSTRASI MAHASISWA DI GEDUNG DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (Analisis Framing Robert M. Entman Pada Media Online Tribunnews.com Periode 23-24 September 2019) Hayyitita Nastatih; Laksmi Rachmaria
DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah Vol 8 No 2 (2020): DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.969 KB) | DOI: 10.33592/dk.v8i2.681

Abstract

Aksi demonstrasi mahasiswa bukan pertama kalinya dilakukan. Sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas melakukan aksi demonstrasi pada 23-24 September 2019 di Gedung DPR RI. Demonstrasi ini terjadi sebagai bentuk penolakan mahasiswa terhadap penetapan RKUHP dan UU KPK hasil revisi. Mereka menganggap di dalam RKUHP dan UU KPK hasil revisi dapat melemahkan kegiatan pemberantasan korupsi, membatasi kebebasan berekspresi dan berpendapat. Paradigma penelitian ini konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan analisis framing Robert M. Entman untuk mengetahui pembingkaian mengenai Demonstrasi Mahasiswa di Gedung DPR di Tribunnews.com. Hasil penelitian: Tribunnews.com membawa isu demonstrasi mahasiswa ke ranah politik, membuat bingkai mahasiswa dianggap sebagai ‘penyebab masalah’ karena aksi demonstrasi yang dilakukan berlangsung provokatif, ricuh dan tidak kondusif, Masyarakat sebagai ‘korban dari demonstrasi’ dan Polisi sebagai ‘Pahlawan’ karena bisa membuat mahasiswa yang bertindak anarkis menjauh dari Gedung DPR. Solusi yang diberikan untuk permasalahan ini sebaiknya mahasiswa tidak melakukan demonstrasi karena dapat mengganggu masyarakat. Cara yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah mengadakan dialog atau pertemuan dengan DPR atau Pemerintah. Simpulan berita merupakan hasil konstruksi media atas sebuah realitas. Peristiwa yang sama bias diceritakan dengan cara yang berbeda oleh media yang berbeda.Kata kunci : Demonstrasi Mahasiwa, Gedung DPR, Pemerintah