Saraswati
Jurnal Mahasiswa Desain Komunikasi Visual

PERANCANGAN VISUAL BRANDING GITAR ELEKTRIK SEVIAJI EDISI PRODUK 1(EDISI PR 1) SEBAGAI PRODUK HAND MADE DI YOGYAKARTA

Dany Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2014

Abstract

Perkembangan musik di Indonesia dewasa ini semakin berkembang dan memiliki karakter tersendiri. Adapun alat musik gitar elektrik, saat ini banyak diminati anak muda di Indonesia sebagai alat untuk mengekspresikan gaya musik tanah air. Namun alat musik gitar elektrik yang ada di Indonesia banyak sekali didominasi brand global seperti Ibanez, Gibson, Jackson dan masih banyak sekali produk gitar dengan brand luar yang mendominasi dan dijadikan kiblat oleh para musisi Indonesia. Gitar Seviaji merupakan produk dari brand lokal yang ada di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta, dan juga merupakan produk lokal yang mampu bersaing dengan produk global. Dengan potensi tersebut perancangan visual branding gitar elektrik Seviaji ini dilakukan agar musisi Indonesia mencintai produk dalam negeri karena memang pada kenyataanya gitar Seviaji adalah produk berkualitas yang sudah sepantasnya dibanggakan oleh masyarakat Indonesia. Metode Perancangan dilakukan dengan cara pengumpulan data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis demi menyampaikan pesan dengan merancang image brand kepada audience yang belum mengenal keberadaan brand Seviaji ini agar audience memiliki rasa keinginan dan kepercayaan terhadap produk dari brand yang memiliki keunggulan walaupun dikerjakan dengan teknik manual atau hand made yaitu gitar Seviaji, yaitu dengan cara dan gaya sederhana namun dapat dinikmati dengan kualitas yang baik. Perancangan visual branding gitar elektrik Seviaji di sini menampilkan brand yang sudah ada namun diperbaiki Imagenya demi menimbulkan rasa percaya kepada konsumen. Adapun perancangan branding yang dilakukan meliputi perancangan logotype, logogram, poster, dan dibantu dengan menggunakan media pendukung yang memang dapat diaplikasikan sebagai pembantu untuk memunculkan rasa percaya terhadap target audience, media pendukung tersebut meliputi, Tas gitar, Strape gitar, Pick gitar, Kartu nama, Kertasa Surat, Kwitansi, Kaos, dan Leafleet. Dengan mengadopsi beberapa gaya desain yang disatukan maka perancanga ini dibuat sedemikian rupa sehingga hasil perancangan maksimal demi membantu permasalahan branding yang ada pada produk gitar Seviaji. Perancangan ini dibuat menghasilkan desain yang mewakili bahasa produk agar dapat dikomunikasikan dengan visualisasi yang sederhana namun komunikatif dan menarik bagi konsumen. Selain itu dalam prosesnya, hasil perancangan telah menyatukan persepsi pemilik brand dengan ide perancang demi terciptanya brand yang diinginkan yang juga hasil perancangan ini dipergunakan secara paten oleh pemilik brand yaitu gitar Seviaji.   Kata kunci: Gitar Seviaji, Hand Made Guitar, Yogyakarta Elektrik Guitar, Visual Branding Seviaji, Guitar Brand.

Copyrights © 0000