Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh guru dari hasil ulangan materi menghitung penjumlahan, hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas I. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: Adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 67; kemudian pada tes siklus pertama 72,6; menjadi 89 pada siklus kedua, adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 37,50%; dan pada tes siklus pertama 67,00%; kemudian pada siklus kedua menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung penjumlahan.
Copyrights © 2019