cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Sampangan Baru IV B / 9 A, SEMARANG, Jawa Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
ISSN : 25410385     EISSN : 25410393     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in the teaching and learning process.
Articles 225 Documents
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS SEGITIGA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Khaer, Abu
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIF SMP N 1 Kedungbanteng dalam belajar materi Segitiga dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  meliputi  hasil  pengamatan  terhadap  keaktifan  siswa dan pemberian  soal  tes  pada  setiap  akhir  siklus  serta  hasil refleksi  siswa  pada  setiap  akhir  pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I adalah 81,25 % siswa memperoleh nilai 71 atau lebih dan pada siklus II 87,50 % siswa memperoleh nilai 71 atau lebih, dan keaktifan siswa meningkat dari siklus I ke  siklus II.Kata Kunci: STAD; Keaktifan; Hasil Belajar
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING TEKS PENDEK DENGAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALISTIK SINTETIK) Hardani, Istri
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada peningkatan kemampuan membaca nyaring teks pendek pada siswa, juga meningkatkan aktivitas membaca yang dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di  SDN 01 Podo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 21 anak. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan membaca nyaring teks pendek juga keaktifan membaca sehingga menciptakan KBM yang menyenangkan. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu bahwa penggunaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dapat menunjukkan perubahan, dari siswa yang tadinya pasif saat KBM berubah menjadi aktif saat KBM.Kata Kunci: Membaca Nyating; Teks Pendek; Metode SAS
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN BANYAK BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW -, Mujiyah
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada peningkatan kemampuan dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi pokok mengurutkan banyak benda. Metode pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan kemampuan dan keaktifan pembelajaran Matematika pada materi pokok mengurutkan benda-benda. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw cukup evektif untuk diterapkan dalam pembelajaran Matematika. Kata Kunci: Mengurutkan, Kooperatif, Jigsaw
PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PEMBAGIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET -, Susilowati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika materi pembagian, (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika materi pembagian dengan kemampuan media benda konkret. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Rowocacing pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Simpulan dari penelitian ini yaitu: Penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran Matematika materi pembagian dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III (tiga) SD Negeri Rowocacing, Penggunaan media benda konkret cocok digunakan di kelas III (tiga) yang masih dalam tahap perkembangan Operasional Konkret, Penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika tentang pembagian. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dan nilai rata-rata kelas. Pada kegiatan pembelajaran pra siklus diperoleh nilai rata-rata siswa 62 dengan pecapaian ketuntasan belajar 40%. Setelah diadakan perbaikan siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 74 dengan tingkat ketuntasan 71%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas naik menjadi 85 dengan pencapaian target ketuntasan 94%. Kata Kunci: Kemampuan; Pembagian; Benda Konkret
PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING -, Gurnito
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu adalah meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran PKn materi bentuk keputusan bersama melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 07. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL yaitu pada siklus I pertemuan I diperoleh hasil 19 siswa atau 41,4% mengalami ketuntasan dan 27 siswa atau 58,6% dinyatakan tidak tuntas, sedangkan pertemuan 2 diperoleh hasil 25 siswa atau 54,3% mengalami ketuntasan dan 21 siswa atau 45,7% dinyatakan tidak tuntas. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh hasil yaitu 33 siswa atau 71,8% mengalami ketuntasan dan 13 siswa atau 28,2% dinyatakan tidak tuntas, untuk pertemuan 2 diperoleh hasil 41 siswa atau 89,1% mengalami ketuntasan dan 5 siswa atau 10,9% dinyatakan tidak tuntas.   Kata Kunci: Kualitas Belajar; Contextual Teaching And Learning
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI AJAR PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN -, Haryono
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan pada kelas VI SD Negeri Adiwerna 07. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi perkembangbiakan tumbuhan. Metode yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran IPA materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI. Peningkatan tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas tuntas, yaitu pada siklus I adalah 17 siswa dari 39 siswa (43,75%). Pada siklus II menjadi 24 siswa (62,50%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem based learning (PBL) efektif digunakan pada pembelajaran IPA. Implikasinya, dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam, metode ini dapat diterapkan.   Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning
PENERAPAN KIT TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS Suseptyaningsih, Sri
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilaksanakan secara berkolaborasi antara penulis dengan guru kelas I melalui kegiatan lesson study, dan setiap siklus mengacu pada masalah dan tujuan penelitian. Sedangkan pada siklus yang kedua merupakan hasil refleksi yang telah dilaksanakan pada siklus yang pertama begitu seterusnya sampai tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Kegiatan ini diawali dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan berkolaborasi dengan teman sejawat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan perolehan nilai yaitu : data pra siklus untuk ketuntasan secara klasikal rata-rata 37,5 %,  siklus I mencapai 58,33 %  dan siklus II mencapai 81,25 % sedangkan KKM untuk kompetensi tersebut adalah 70 dan target ketuntasan klasikal adalah 75 %. Melalui penerapan KIT Tematik ternyata membantu menuntaskan hasil belajar siswa pada aspek membaca dan menulis, dan membantu memudahkan guru kelas I dalam menerapkan pembelajaran tematik di kelas.   Kata Kunci: KIT Tematik; Kemampuan Membaca dan Menulis
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI BERMAIN KARTU MODEL WEBBING -, Sukanti
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA melalui bermain Kartu Model Webbing. Penelitian dilaksanakan di kelas II semester gasal tahun 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Data yang diperoleh berupa skor atau nilai tes, terdiri atas kondisi awal, nilai siklus pertama dan siklus kedua. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan nilai kondisi awal, nilai siklus pertama, siklus kedua. Dari hasil  tindakan dapat disimpulkan bahwa bermain Kartu Model Webbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Rata-rata tes hasil belajar  IPA kondisi awal 48,4. Pada siklus pertama 77, 4 dan siklus kedua 87.   Kata Kunci: Hasil Belajar; Kartu Model Webbing
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI LEMBAGA-LEMBAGA SUSUNAN PEMERINTAHAN PROPINSI MENGGUNAKAN METODE CARD SORT Sutikno, Mohammad
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan metode Card Sort dalam meningkatkan pemahaman siswa, (2) menganalisa peningkatan kemampuan siswa pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Ambokembang semester I pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa keberhasilan siswa terhadap materi pelajaran PKn pokok bahasan lembaga-lembaga susunan pemerintahan Propinsi dengan menggunakan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan belajar pra siklus dari jumlah 24 siswa yang mendapat nilai di atas 70 hanya 8 siswa (12,5 %) dengan rata-rata nilai 58,75, sehingga masih ada 16 siswa (87,5%) yang belum tuntas. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, menunjukkan kemajuan walaupun ketuntasan belajar masih 29,17 % atau 7 siswa yang tuntas dari 24 siswa dengan rata-rata 70 dan 70,83 % atau 17 siswa belum tuntas. Pada perbaikan pembelajaran siklus II hasil analisis nilai tes menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Dari 24 siswa tersebut yang mendapat nilai 100 ada 2 siswa , 19 siswa (79,17 %) telah tuntas dengan rata-rata nilai 79,58, dan ada 5 siswa (20,83 %) yang nilainya masih di bawah 70 dan belum tuntas.   Kata Kunci: Lembaga-Lembaga; Pemerintah Propinsi; Card Sort
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN JOYFUL LEARNING DENGAN TEKNIK PERMAINAN POHON PINTAR -, Sriwaeti
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 07.  Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan indikator kinerja: (1)  80% siswa kelas V memperoleh nilai ulangan harian 70 ; (2) rata-rata kelas pelajaran ips  mencapai minimal 70; (3) sekurang-kurangnya 80% siswa kelas V merasa senang dalam pembelajaran IPS; dan (4) guru kelas memperoleh pengalaman baru dalam pembelajaran IPS. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan pendekatan joyful learning dengan teknik permainan pohon pintar lebih menarik bagi siswa untuk menumbuhkan kecakapan, keberanian, dan aktivitas. Penggunaan pendekatan ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari semula 54.4, meningkat menjadi 76.6. Jumlah siswa yang mencapai KKM bertambah dari 7 siswa pada penjajagan menjadi 25 siswa pada siklus I. Pada siklus II ada peningkatan dari 33 siswa tuntas 98% dengan nilai rata-rata 83,30 yang berarti 98% siswa telah mencapai KKM, sehingga sudah mencapai indikator kinerja.   Kata Kunci: Pendekatan Joyful Learning; Permainan Pohon Pintar; Hasil Belajar

Page 1 of 23 | Total Record : 225