Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 2, No 4 (2017): Edisi Oktober 2017

PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

-, Haryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2018

Abstract

Dari hasil supervisi awal pengawas sekolah terhadap guru di sekolah binaannya diperoleh data/informasi bahwa kinerja guru dalam melaksanakan penilaian sikap masih tergolong rendah dengan rata-rata kinerja sebesar 66,88% dan tingkat ketuntasan kelompok sebesar 12,50%. Tujuan dari penelitian tindakan kepengawasan ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kinerja  guru PPKn dalam melaksanakan penilaian sikap melalui supervisi akademik pengawas sekolah, (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan supervisi akademik oleh pengawas sekolah dalam meningkatkan kinerja  guru PPKn dalam melaksanakan penilaian sikap di SMP Binaan Kabupaten  Brebes. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus melalui pembinaan pengawas sekolah berupa supervisi akademik. Hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan kinerja guru PPKn dalam melaksanakan penilaian sikap secara signifikan. Dari kondisi awal rerata kinerja guru sebesar 66,88% setelah memperoleh tindakan pembinaan Pengawas Sekolah sampai dengan siklus III meningkat menjadi 85,00% atau terdapat peningkatan kinerja guru sebesar 18,12%. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan supervisi akademik Pengawas sekolah efektif meningkatkan kinerja  guru PPKn dalam melaksanakan penilaian sikap secara kelompok pada siklus III dengan ketuntasan mencapai 100 %.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...