Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran matematika pada materi pokok bangun ruang sisi datar melalui implementasi model pembelajaran kooperatif dengan metode resitasi. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil angket refleksi siswa, dan hasil observasi dengan indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila dalam kelas 65% atau lebih kelompok memperoleh kriteria sangat aktif dan siswa yang memperoleh nilai 71 atau lebih sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa siklus I pertemuan ke 1 dan ke 2 memperoleh kriteria aktif dan pada siklus II pertemuan ke 1 memperoleh kriteria aktif dan pertemuan ke 2 diperoleh kriteria sangat aktif. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 83,8% siswa memperoleh nilai 71 atau lebih dan pada siklus II 87,1% siswa memperoleh nilai 71 atau lebih. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode resitasi dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kedungbanteng dalam pembelajaran matematika materi pokok bangun ruang sisi datar.
Copyrights © 2019