Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 2, No 1 (2020): Juni 2020

MODEL SUPERVISI KLINIS BERBASIS “OJT” SEBAGAI LAYANAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTIK PRODUKTIF

Riyanto, Agus (Unknown)
-, Samsudi (Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
-, Fakhruddin (Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelaksanaan model supervisi klinis berbasis“OJT” terhadap peningkatan kemampuan penilaian praktik guru produktif.  Metode penelitianyang digunakan adalah metodeResearch and Development dengan analisis pendekatan kualitatifuntuk mendeskripsikan data yang diperoleh saat penelitian pendahuluan dan pelaksanaan desainmodel. Sedangkan pendekatan kuantitatif untuk menguji hubungan antar variabel setelah desaindiujicobakan. Ujicoba terbatas untuk mengukur keefektifan model supervisi pada peningkatankemampuan penilaian praktik guru produktif .  Hasil penelitian menunjukkan bahwa modelsupervisi klinis saat ini telah diterapkan oleh pengawas tetapi penerapan dan hasilnya belummaksimal karena beberapa kelemahan sehingga perlu dikembangkan supervisi klinis denganbeberapa perubahan agar dapat diterapkan dan memperoleh hasil yang lebih baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...