Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV

GRSITEKTtTR "POST-MODERN" SEBAGAI SUATU FENOMENA DAN INOVASI DALAM PROSES PERKEhqBANG AN ARSITEKTUR

Sumardjito Sumardjito (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Arsitcktiir, sebaga i sulah salu hasil karya budaya manusia terusmcngalnrni ~rcrlccmh:tngan. Perkembangan di bidang arsitektur ini terjadiakibnt dari bcruh:ih dnn bcrkcmbangnya tuntutan dan pandangan manusiascbagai pencipta dan pengpuna saIall satu hasil karya budaya manusiatcrschgt . Munculnyti '~rsitckturp osl-modern ysng merupakan kelanjutandaq jnwal-ran alas pcrmasalahan yang timbul dari adnnya arsitektur .modern tcrus mcnjadi bnliandiskusi dan polemikmasyarakat dan para i.. .shli.Kcmunculan srsilcklur pod[-~r~odmpatd a tahun 1962 mmeang. menirnbulkan pro-konlra dinnlara para arsitek dan rnasyarakat urnum.Pro-konlra ini ~nuncual kibat dari ndnnyn dua sisi ungkapan fisik padanrsitck~iri ~O.YI-)nmrierrrS. atu sisi arsilckti~rp os! modern bisa rnenciptakansuatu kcindihnn yang bis3. dinikmati oleh mnsyarakat urnurn, karenamasih Jalam batas-batas universal, scdongksn pada sisi lain, arsitekturposr-nocle~.n scring mcngcsampingkan norma:noma pembentuk keindaharitcrscbut, sehingga mcnciptakaan kcsan hasil karya arsitektur ya.n .k- subyekiif; cgois dan kurang bkrmanraar.. . Tulisan ini mcncoba. rnengupas',iirsitektur PO$!-modern berdasarkanpcndapqt dan ~ulisand nri beb~ppaa hli dan a~itekd unia, untukbiia m6m)ciikan in(o rmasi'y?ng lcbih jelas mengenai arsitekturpost-' : ijn*d,.

Copyrights © 1996






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...