Cakrawala Pendidikan
No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2

KEEFEKTIFAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KARAKTER SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Mundilarto . (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2013

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan inquiry based learning untuk meningkatkan karakter disiplin, kreatif, percaya diri, dan kerja sama siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri 1 Godean dan SMA Negeri 1 Ngaglik. Teknik pengambilan sampel di SMA Negeri 1 Godean dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sedangkan di SMA Negeri 1 Ngaglik dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan angket untuk setiap karakter. Angket yang digunakan bersifat tertutup. Pengukuran didasarkan pada skor yang diperoleh siswa berdasarkan isian angket. Teknik analisis data menggunakan standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan inquiry based learning lebih efektif daripada pendekatan konvensional untuk meningkatkan karakter disiplin, kreatif, percaya diri, dan kerjasama siswa dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci: inquiry based learning, karakter, disiplin, kreatif, percaya diri, kerja sama THE EFFECTIVENESS OF THE INQUIRY-BASED LEARNING APPROACH TO IMPROVE SMA STUDENTS‘ CHARACTER IN PHYSICS TEACHING Abstract: This study was aimed to find out the effectiveness of using the inquiry-based learning approach to improve students’ character in physics teaching i.e. discipline, creativity, confidence, and cooperation. This research used the quasi experimental method. The population was all of X and XI grades of science students of SMA Negeri 1 Godean and SMA Negeri 1 Ngaglik. The sample of SMA Negeri 1 Godean was taken using the cluster random sampling technique while the sample in SMA Negeri 1 Ngaglik was taken using the purposive sampling technique. The data, collected by using a closed-ended questionnaire, were analyzed by the standard gain method. The findings showed that the inquiry-based learning approach was more effective than the conventional approach to improve students’ character in physics teaching i.e. discipline, creativity, confidence, and cooperation. Keywords: inquiry-based learning, character, discipline, creativity, confidence, cooperation

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...