Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 43, No.1 (2013)

PEMILIHAN BUTIR ALTERNATIF PADA TES ADAPTIF UNTUK PENINGKATAN KEAMANAN TES

Agus Santoso (FMIPA Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendesksripsikan pengaruh pemilihan butir dengan pengacakan pada algoritma tes adaptif terhadap panjang tes dan estimasi kemampuan peserta tes. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur simulasi. Bank soal untuk keperluan simulasi menggunakan 250 butir soal terkalibrasi menggunakan model item response theory 3 parameter. Dua desain algoritma tes adaptif, desain algoritma dengan dan tanpa pengacakan dikembangkan. Pada algoritma tes adaptif dengan pengacakan, pengacakan butir dilakukan pada urutan butir kedua dan ketiga, sedangkan pada algoritma tes adaptif tanpa pengacakan, tidak dilakukan pengacakan pada pemilihan butir soal berikutnya yang akan diberikan kepada peserta tes. Hasil simulasi menunjukkan bahwa secara statistik pengacakan tidak berpengaruh terhadap estimasi kemampuan peserta tes (nilai-p=0,306), dan panjang tes (nilai-p=0,328). Berdasarkan hal tersebut desain algoritma dengan pengacakan lebih tepat diterapkan pada algoritma tes adaptif.Tanpa mengurangi tingkat efisiensi dan presisi pengukuran, butir soal pada urutan awal yang diberikan kepada peserta tes lebih bervariasi sehingga dapat meningkatkan keamanan tes.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...