Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 45, No.1 (2015)

ANALISIS POTENSI DAN KENDALA TEACHERPREUNER DI SMK

Endang Mulyatiningsih (FT UNY)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi teacherpreneur bidang keahlian Tata Boga,Perhotelan, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian; dan mengidentifi kasi kendala yang dialamiguru SMK untuk menjadi teacherpreneur. Populasi penelitian survei ini adalah 114 orang pesertaprogram “Pemerataan Mutu Guru Produktif SMK melalui Kerjasama dengan DUDI” tahun 2014.Sampel diambil sebanyak 47 orang dengan teknik cluster sampling yaitu memilih 3 dari 14 paketkeahlian guru SMK peserta program. Data dikumpulkan dengan kuesioner terbuka dan wawancara kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Potensi teacherpreneur yang telah dikembangkanguru SMK meliputi karya inovatif, perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran, media, buku,penelitian, dan pembimbingan siswa bermasalah dan siswa yang berpotensi sukses. Kendala yangdialami guru meliputi kekurangan motivasi, keterampilan, kreativitas, dan dukungan sekolah, fasilitas,dan sumber daya waktu.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...