Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 15, No 2 (2011)

PENGEMBANGAN ASESMEN ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK DI SEKOLAH DASAR

Fatimah Setiani (STKIP Muhammadiyah Sampit)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menemukan asesmen alternatif yang valid, praktis dan efektif berlandaskan pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan peneli-tian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan pendidikan dari Plomp dengan mengacu pada kriteria kualitas produk pengembangan yang dikemukakan Nieveen, yang melipu-ti kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil peneliti-an ini adalah seperangkat penilaian dalam pembelajaran mate-matika dengan pendekatan realistik. Hasil uji coba, menunjuk-kan bahwa asesmen alternatif telah memenuhi kriteria kevalid-an, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan asesmen alternatif beserta perangkat asesmen yang digunakan termasuk dalam kategori sangat baik. Kepraktisan dan keefektifan asesmen alter-natif beserta seluruh perangkat asesmen yang digunakan dalam pelaksanaan asesmen di dalam kelas termasuk kategori sangat praktis dan efektif. Ketercapaian keefektifan asesmen alternatif berdasarkan proses dan hasil pembelajaran cenderung mening-kat dengan kategori baik. Demikian juga respons siswa dan guru terhadap penerapan asesmen alternatif yang cenderung positif.Kata kunci: asesmen alternatif, pendekatan realistik________________________________________________ DEVELOPING ALTERNATIVE ASSESMENT IN MATHEMATICS LEARNING USING THE REALISTIC APPROACH IN ELEMENTARY SCHOOLSAbstract This study aimed to develop and generate a valid, practical and effective alternative assessment based on the principle of mathematics learning using the realistic approach in elementary schools (Sekolah Dasar, SD). This study was a research and development study which referred to the model of educational development by Plomp based on the criteria of product quality proposed by Nieveen, including the criteria of validity, practicality, and effectiveness. This study produced a set of assessment in mathematics learning using realistic approach. Based on the result of the tryout, the generated alternative assessment has fulfilled the criteria of validity, practicality, and effectiveness. The validity of alternative assessment and its assessment sets are in very good category. The result of the testing shows that the alternative assessment is very practical and effective, in terms of the learning process and learning achievement which tend to improve toward the good category. The response of students and teachers towards the implementation of this alternative assessment is also positive.Keywords: alternative assessment, realistic approach

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

HEPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan dosen, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang disampaikan pada jurnal ini tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan ...