JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 2, No 2 (2006): Jurnal Pendidikan Khusus

Penanganan Anak Berkesulitan Belajar: Sebuah Pendekatan Kolaborasi dengan Orangtua

Pujaningsih Pujaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2013

Abstract

Anak berkesulitan belajar sering dikeluhkan sebagai sumber permasalahan yang menghambat proses belajar mengajar di kelas. Untuk menanganinya, guru tidak bisa hanya sendirian saja dan kolaborasi dengan orang tua merupakan pilihan strategis untuk dilakukan. Kolaborasi ini muncul sebagai wujud kebersamaan antara sekolah dan rumah dalam mendidik anak. Kolaborasi dapat diwujudkan dalam setiap proses pendidikan, khusus untuk pembelajaran anak berkesulitan belajar, kolaborasi dapat dilakukan saat proses asesmen, rencana pembelajaran individual, monitoring program dan pekerjaan rumah. Untuk mewujudkan kolaborasi yang sinergis, sekolah perlu memahami permasalahan yang dialami oleh keluarga karena kesulitan belajar putra/putri mereka. Untuk itu maka percayaan, komunikasi yang terbuka, saling menghargai merupakan hal pertama bagi sekolah untuk dibangun dalam membangun kolaborasi dengan orangtua.

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...