Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 11, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI

Bety Nur Achadiyah (Unknown)
Nujmatul Laily (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2013

Abstract

Locus of Control adalah bentuk psikologi yang berarti kepercayaan seseorang tentang apa yang menyebabkan keberuntungan atau ketidakberuntungan dalam kehidupannya (Rotter, 1996). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perilaku belajar mahasiswa yang merupakan bagian kehidupan mereka dengan menggunakan basis karakter kepribadian, waktu belajar yang pasti dan gaya belajar mereka terhadap hasil belajar yang diproksikan dengan nilai Ujian Akhir Semester mahasiswa. Untuk melaksanakan penelitian ini, digunakan 50 model pernyataan dari Rotter  (1996) dengan menggunakan skala likert empat poin. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Malang dan sampel yang diambil sebanyak 193 responden. Metode penyampelan menggunakan convenience method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal locus of control berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa namun penelitian ini tidak berhasil membuktikan hubungan antara external locus of control dan hasil belajar mahasiswa.   Kata kunci: Locus of Control, Hasil Belajar

Copyrights © 2013