Psikologika : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
Vol. 3 No. 6 (1998)

Tahap-Tahap Penting Dalam Penanganan Anak Jenius: Suatu Upaya Bagi Ketepatan & Kesinambungan Program

Retno Kumolohadi (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov -0001

Abstract

Tulisan ini bermaksud membahas tentang program penanganan anak jenius di Indonesia. Anak jenius dengan potensi intelektual yang tinggi akan berkembang optimal apabila berada dalam atmosfir yang mendukung, untuk itulah program penanganan dirancang. Program penanganan dilakukan dengan mempertimbangkan keterbatasan dari para pengelola pendidikan untuk mendirikan sekolah khusus anak jenius. Program ini dapat diselenggarakan bersama-sama antara orang tua,guru dan masyarakat. Menurut penulis, diperlukcin kecermatan dalam menerapkan tahap-tahap penanganan agar program yang dijalankan dapat mengenai sasaran. Tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut: Pertama mendeteksi atau identifikasi anak jenius. Data dikumpulkan dari hasil pemeriksaan psikologis, hasil observasi & wawancara, prestasi belajar. Tahap kedua adalah memberikan perlakuan. Bentuk perlakuan yang paling sering dilakukan adalah melalui program pengayaan (en­richment program), sedangkan program akselerasi (acceleration pro­gram) masih belum ditanggapi secara serius. Program pengayaan berorientasi pada pengembangan aspek kognitif, sedangkan program akselerasi berorientasi pada aspek sosial-emosionai (afektif dan be­havioral). Tahap ketiga adalah penilaian hasil program yang dilakukan secara berkala. Kata kunci : anak jenius, program penanganan, deteksi, perlakuan,penilaian

Copyrights © 1998






Journal Info

Abbrev

Psikologika

Publisher

Subject

Other

Description

Psikologika - Journal of Discourse and Research on Psychology, publishes research and innovative ideas on psychology. Psikologika is published by Department of Psychology, Islamic University of Indonesia. Psikologikan coverage the fields on clinical psychology, educational psychology, developmental ...