Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara: (1) minat belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari dan (3) minat belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kendari. Metode yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  survei  dengan  pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 121 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang yang diambil secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari, dengan koefisien korelasi (ry1) 0,649; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,755; dan (3) terdapat  hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA 2 Kendari, dengan koefisien korelasi ganda (Ry12) 0,798 dan koefisien determinasi (R2)R0,636. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar baik secara sendiri maupun secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kendari.
Copyrights © 2020