Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

Hubungan Antara Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kendari

Pekon, Nurani (Unknown)
B.D, Abdullah Igo (Unknown)
Ekonomi, Ramly (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara: (1) minat belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X  di SMA Negeri 2 Kendari, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari dan (3) minat belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kendari. Metode yang digunakan   dalam   penelitian   ini   adalah   metode   survei   dengan   pendekatan korelasional.  Populasi  dalam penelitian ini berjumlah  121  orang siswa.  Sampel  dalam penelitian ini berjumlah  54  orang  yang  diambil  secara  acak  sederhana.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan menggunakan  instrumen  yang dikembangkan  sendiri oleh peneliti  dengan  terlebih dahulu  diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari, dengan koefisien korelasi (ry1) 0,649; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,755; dan (3) terdapat   hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA 2 Kendari, dengan koefisien korelasi ganda (Ry12) 0,798 dan koefisien determinasi (R2)R0,636. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar baik secara sendiri maupun secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kendari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JOPSPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, ...