Self Directed Learning(SDL) adalah sebuah proses dimana individumengambil inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, SDL ini dilakukan dengan menyadarikebutuhan sendiri dalam belajar, mengatur tujuan pribadi, membuat keputusan pada sumber danstrategi belajar dan menilai hasil. Motivasi belajar adalah salah satu yang mempengaruhi SDLR.Tujuan :Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan tingkat SDLR padamahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran Angkatan 2013 di Universitas Malahayati(UNMAL).Metode :Peneliti menggunakan rancangan cross sectional. Cara pengambilan sampelmenggunakan metode SimpleRandom Samplingdengan mengambil data primer dari sampelyangdilakukan pada bulan Januari 2016-Februari 2016.Hasil :Didapatkan dari 212 sampel terdapat 17 responden (8.0%) termasuk kedalam kategorimotivasi rendah, 195 responden (92.0%) termasuk kedalam kategori motivasi tinggi. Terdapatsebanyak 21 responden (9.9%) termasuk kedalam kategori SDLR rendah, sebanyak 191responden (90.1%) termasuk kedalam kategori SDLR tinggi. Hasil Uji Fisher menunjukanbahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan tingkat SDLR pada MahasiswaPendidikan Sarjana Kedokteran Angkatan 2013 di UNMAL (P value< α(0.016<0.05),OR=4,661(95% CI1.459-14.898)).Kesimpulan :Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan tingkat SDLR padaMahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran Angkatan 2013 di UNMAL
Copyrights © 2019