Dinamika Pendidikan
Vol 7, No 2 (2017): Edisi April 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DAN DAERAH

Retnoningsih, Nur (SD Negeri Penusupan 03 Pangkah Tegal)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2017

Abstract

Data yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan kriteria kurang aktif. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi data observasi aktivitas belajar siswa dan data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat dan daerah. Persentase aktivitas belajar siswa pada kondisi awal adalah sebesar 38% berada pada kriteria kurang aktif, pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 68% (kriteria cukup aktif) dan pada siklus II persentase aktivitas siswa sebesar 84% (kriteria aktif). Model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat dan daerah. Ketuntasan klasikal pada kondisi awal hanya mencapai 15,4% atau hanya terdapat 4 siswa yang tuntas. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 65,4% atau terdapat 17 siswa yang tuntas. Pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88,5% atau terdapat 23 siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...