Dinamika Pendidikan
Vol 7, No 2 (2017): Edisi April 2017

PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN PROSES PEMILU DAN PILKADA

Raharjo, Teguh (SDN Kedokansayang 01 UPTD Dikpora Kecamatan Tarub)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2017

Abstract

Peneliti sebagai Kepala Sekolah yang memiliki kewajiban sebagai guru PKn berusaha meningkatkan hasil belajar materi proses pemilu dan pilkada melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament melalui Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini melalui 2 siklus yang setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan serta refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan bekerjasama dengan teman sejawat sebagai observer. Hasil Penelitian Siklus I aktivitas siswa skor rata-rata 57,1 kategori Aktif. Skor aspek yang dominan (sangat aktif) adalah adalah Mengerjakan tes evaluasi (100%). Sedangkan aspek yang skornya paling rendah (D) adalah aspek Menyajikan hasil pembelajaran 16,1%. Hasil penelitian siklus II, aktivitas siswa rata-rata skornya 79,2 kategori Sangat Aktif. Sedangkan aspek yang Sangat Aktif adalah Mengerjakan tes evaluasi skor 100, Merangkum pembelajaran skor 96, Bekerja dengan sesama anggota kelompok skor 96, Mendengarkan penjelasan guru skor 90, Membaca buku siswa skor 84. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa 88,3 dan ketuntasan belajar 90,3 % (28 siswa).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...