Rendahnya kompetensi guru di SD Negeri Karangjati 02 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dalam menerapkan model pembelajaran berupa susunan RPP dengan rancangan model pembelajaran dan belum mampu menerapkan dalam kegiatan pembelajaran . Tujuan penelitian adalah meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran berupa RPP dengan rancangan model pembelajaran yang efektif sehingga guru mampu meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam kegiatan /proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Sekolah dilakukan dalam 2 kali siklus, setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan tatap muka dengan guru peserta. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru meningkat setiap siklus penelitian dengan ditandai adanya kelayakan RPP dengan rancangan model pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Kepemimpinan pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi guru dalam Menerapkan model pembelajaran bagi guru PNS di SD Negeri Karangjati 02 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal pada semester Ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Menerapkan model pembelajaran efektif perlu dilakukan guru dalam menyusun RPP dan menerapkannya dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hasil Kegiatan kepemimpinan pembelajaran hendaknya dijadikan pedoman guru untuk meningkatkan kinerjanya.
Copyrights © 2017