Didaktikum
Vol 17, No 1 (2016): Januari 2016

PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI AJAR FORMULA DAN FUNGSI MICROSOFT EXCEL

-, Mutamimah (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Adi, Slamet Seno (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
-, Sulistyono (SMP Ibu Kartini Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2015

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ibu Kartini Semarang pada kompetensi menggunakan perangkat lunak pengolah angka Microsoft Excel tergolong masih rendah, sebanyak 47,6% dari keseluruhan siswa sudah mencapai KKM sedangkan 52,4% siswa belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi terkait model pembelajaran dan media pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Student Teams Achievement Divisions (STAD). Disamping itu, dikembangkan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam mengajar menggunakan model pembelajaran STAD. Hasil penilaian media aspek materi pada indikator kesesuaian materi dengan silabus memperoleh skor 4,25; indikator isi materi pembelajaran dengan skor 4; dan indikator desain pembelajaran dengan skor sebesar 4,3. Di sisi perangkat lunak, indikator kemudahan pengoperasian memperoleh skor 4,33; indikator desain tampilan sistem hasil skor 4,17; dan indikator menu navigasi dengan skor 4. Hasil belajar pada indikator formula dan fungsi Microsoft Excel setelah empat kali pertemuan menunjukkan 100% siswa tuntas belajar dengan nilai ≥ 75

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

didaktikum

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...