JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 8, No 1 (2020): JE VOL 8 NO 1 (2020)

ANALISIS EFEKTIVITAS MARKETING MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN D’BROTHERS LAUNDRY

Willem, Adrianus (Unknown)
Tumbel, Altje L. (Unknown)
Samadi, Reitty L. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Abstrak: Marketing media sosial merupakan fenomena baru di era ini. Banyak pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) termasuk jasa Laundry, memanfaatkan media sosial berbasis internet untuk memasarkan bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas marketing melalui media sosial Facebook D’Brothers Laundry. Efektivitas marketing ini ditinjau dalam empat dimensi yakni Content Creation, Content Sharing, Connecting, dan Community Building, yang pada akhirnya mempengaruhi konsumen dalam memutuskan menggunakan jasa D’Brothers Laundry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 50 informan yang sudah pernah menggunakan jasa dan sudah terhubung ke page resmi D’Brothers Laundry. Hasil penelitian ini menunjukkan marketing media sosial Facebook D’Brothers Laundry sudah efektif terhadap keputusan pelanggan ditinjau dari dimensi Content Creation, Content Sharing, Connecting, dan Community Building. Kata kunci: efektivitas, marketing media sosial, keputusan pelanggan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...