Journal Informatic, Education and Management (JIEM)
Vol 2 No 2 (2020): AUGUST

PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI MINYAK BUMI PADA SISWA KELAS XI MIPA-2 SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 MESJID RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ade Lianita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penerapan Model flipped classroom upaya guru meningkatkan aktifitas belajar siswa untuk perolehan, hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa dan kemampuan berinteraksi pada saat proses pembelajaran, secara kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi melahirkan ide-ide baru pada saat pelaksanaan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia pada siswa kelas XI MIPA-2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI MIPA-2 di SMAN 1 Mesjid Raya. Jumlah siswa adalah 27 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 11 orang dan jumlah siswa perempuan 16 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2019 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan menandai jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Kriteria Ketuntasan Minimal untuk Pelajaran kimia kelas XI adalah 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 40,74% pada pra penelitian meningkat menjadi 56,66% pada siklus I dan meningkat menjadi 68,55% pada siklus II. Peningkatan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran yaitu dari 78,55 % pada siklus I meningkat menjadi 92,59 % pada siklus II. penerapan model Flipped Classroom dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan kategori Baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiem

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Perkembangan ilmu pengetahuan terkait dengan teknologi, informasi dan komunikasi baik secara teoritis maupun empiris terbukti sudah memberikan dampak positif bagi berbagai sisi kehidupan masyarakat. Perkembangan ilmu Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah banyak memberikan manfaat bagi ...