cover
Contact Name
Riyan Maulana
Contact Email
riyanspersonal@gmail.com
Phone
+6285260386296
Journal Mail Official
jiemstmik@gmail.com
Editorial Address
Jeulingke, Syiah Kuala, Banda Aceh City, Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Journal Informatic, Education and Management (JIEM)
ISSN : -     EISSN : 27160696     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Perkembangan ilmu pengetahuan terkait dengan teknologi, informasi dan komunikasi baik secara teoritis maupun empiris terbukti sudah memberikan dampak positif bagi berbagai sisi kehidupan masyarakat. Perkembangan ilmu Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah banyak memberikan manfaat bagi peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam berbagai kegiatan berbagai bidang ilmu. Kategori Jurnal TIK menghasilkan berbagai produk seperti; Produk Hardware (Perangkat Keras), Produk Software (Perangkat Lunak), IT Security (Keamanan TIK), Mobile, Storage (Penyimpanan), dan Networking(Jaringan). Demikian pula halnya dengan ilmu Teknologi Informasi Dan Komunikasi dapat memberikan kontribusi bagi kemudahan pelaksanaan tugas-tugas administasi baik dilembaga pemerintah maupun non pemerintah. Hingga saat ini, penelitian terkait dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah banyak dilakukan oleh akademisi, praktisi maupun peneliti yang konsen terhadap bidang ilmu tersebut. Namun tidak semua hasil penelitian dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Kehadiran Journal Informatic, Education And Management (JIEM) tidak hanya bermaksud untuk mempublikasikan hasil kajian empiris dan teoritis terkait dengan system informasi, system komputer, pendidikan, dan manajemen. Tetapi lebih dari itu, JIEM menjadi salah satu sarana diseminasi hasil penelitian yang berkaitan dengan ketiga bidang ilmu tersebut.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 68 Documents
Perancangan Aplikasi Pengecekan Kerusakan ATM Berbasis Android Pada PT. Swadharma Sarana Informatika Banda Aceh Adi Ahmad; Alamsyah
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 1 No 1 (2019): AUGUST
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.061 KB)

Abstract

Dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi Smartphone saat ini, kebutuhan akan Smartphone pun sudah menjadi hal yang sangat penting dalam proses pencarian informasi. PT. Swadharma Sarana Informatika Banda Aceh merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perbaikan Automatic Teller Machine (ATM), saat ini di PT. Swadharma Sarana Informatika Banda Aceh belum memanfaatkan aplikasi berbasis android sebagai alat bantu teknisi saat melakukan pendiagnosaan perbaikan ATM. Untuk mempermudah teknisi dalam melakukan pendiagnosaan kerusakan ATM dan pengisian laporan kerja. Penulis merancang sebuah aplikasi pengecekan kerusakan ATM berbasis android dengan menggunakan aplikasi pendukung Eclipse dengan bahasa pemrogram Java. Aplikasi pengecekan kerusakan ATM berbasis android dirancang dengan memanfaatkan database dimana tabel-tabel yang menyusun database ini terdiri atas Tabel kategori ATM, Tabel Data Master ATM, dan Tabel CMD. Aplikasi pengecekan kerusakan ATM berbasis android memberikan kemudahan dalam melakukan pendiagnosaan kerusakan ATM sehingga proses perbaikan ATM jauh lebih singkat serta memberikan kemudahan dalam melakukan pengisian laporan kerja. Hal ini tentunya akan meningkatkan kinerja teknisi di PT. Swadharma Sarana Informatika dan Tercapainya Efisiensi dan Efektivitas kerja yang baik.Kata Kunci : Android, ATM, Aplikasi
Mengajar Teks Naratif Menggunakan Adobe Flash CS3 dan TPS Untuk Sekolah Menengah Pertama Riyan Maulana
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 1 No 1 (2019): AUGUST
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.83 KB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang belajar teks naratif menggunakan adobe flash cs3 melalui TPS untuk sekolah menengah pertama . Think Pair Share adalah teknik pembelajaran kooperatif yang mendorong partisipasi individu dan berlaku di semua tingkatan kelas dan ukuran kelas . Penelitian ini berfokus pada poin berikut: Apa perbedaan prestasi membaca siswa antara mereka yang diajar dengan menggunakan adobe flash cs3 melalui TPS dan mereka yang diajar dengan menggunakan teknik TPS? Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII. Data dalam penelitian ini dikumpulkan 6 Maret 2014 dan sampai pada tanggal 20 Maret th 2014. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus-t untuk mengetahui skor-t. Skor pre-test dan post-test bisa menjadi bukti peningkatan mereka setelah melakukan penelitian. Untuk percobaan ini, penulis menggunakan tingkat signifikansi alfa 5% (0,05) dimana biasa digunakan dalam penelitian psikologis dan pendidikan dan tingkat kebebasan (df) adalah = 27 + 27-2 = 52. Untuk tingkat alfa lima persen dan kebebasan 52 derajat, tidak ada nilai kritis yang pasti. Hal ini perlu untuk menemukan nilai pasti untuk mendapatkan yang terdekat dari nilai kritis dalam t-tabel. T-tabel untuk 52 adalah 1,67 . Nilai-t yang diperoleh adalah 1,05 , sehingga nilai-t lebih rendah dari nilai kritis pada tabel (t = 1,05 <t tabel = 2,035).Kata Kunci: pengajaran reading, adobe flash cs3, teknik TPS
Manajemen Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Online pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Tarmizi
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 1 No 1 (2019): AUGUST
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.487 KB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan sekolah lanjutan dari sekolah dasar yang harus dilalui oleh setiap siswa/ siswi dalam menempuh pendidikan, dimana saat ini hamper seluruh lembaga pendidikan sudah melakukan proses pendaftaran secara online. AdapuntujuandaripenelitianiniadalahmerancangaplikasiManajemenPendaftaran Siswa Baru Berbasis Online untuk sekolah lanjutan tingkat pertama (SMP). Penelitian ini hanya diterapkan pada sekolah lanjutan tingkat pertama dan dilakukan secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian terapanya itu penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang digunakan untuk meyelesaikan suatu masalah.Hasil penelitian didapatkan bahwa aplikasi pendaftaran siswa baru berbasis online ini dapat dirancang dengan menggunakan PHP dan MySQLsehingga aplikasi yang dihasilkan menjadi lebih mudah dan efesien dalam penggunaannya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu suatu lembaga pendidikan khususnya sekolah lanjutan tingkat pertama dalam mengatur manajemen pendaftaran siswa baru.Kata Kunci :PHP, MySQL, Manajemen Pendaftaran, online.
Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus : AMIK Indonesia Banda Aceh) Sufyan
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 1 No 1 (2019): AUGUST
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1247.17 KB)

Abstract

Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasi WEB (Studi Kasus : AMIKI Indonesia Banda Aceh) adalah merupakan sarana untuk mengelola dan memproleh data-tata perpustakaan yang ada di kampus AMIK Indonesia Banda Aceh. Perpustakaan berkembang dengan pesat dan dinamis, sistem manualnya dirasakan tidak lagi memadai untuk penaganan beban kerja, khususnya kegiatan rutin dalam bidang pengadaan, pengatalogan, dan pengawasan sirkulasi. Keadaan demikian menuntut penggunaan sistem informasi berbasis teknologi komputer atau CBIS (Computer Base Information System). Perpustakaan AMIK Indonesia Banda Aceh sebagai salah satu sumber informasi telah memanfaatkan sistem informasi. Selama ini berbagai masalah ditemukan dalam sistem yang masih manual, misalnya penyimpanan data kepustakaan yang tidak terstruktur, pelayanan sirkulasi, dan sulitnya manajemen dalam mengambil keputusan karena minimnya informasi yang didapat dalam mengetahui perkembangan perpustakaan sehingga dibutuhkan sistem yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi kerja perpustakaan di perpustakaan AMIK Indonesia Banda Aceh. Kemudahan pengunjung dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus datang langsung menjadi salah satu manfaat dalam pembangunan sistem ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode kajian kepustakaan yang bersumber dari literature yang tersedia di internet, metode observasi dibeberapa perpustakaan yang lain dan metode wawancara kepada pihak yang berkepentingan. Hasil penelitian yang penulis lakukan tentang Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis WEB (Studi Kasus : AMIK Indonesia Banda Aceh) menyimpulkan bahwa semua data laporan mulai dari kunjungan, registrasi, peminjaman, pengembalian dan denda dapat terkendali dengan baik dan rapi. Sistem informasi perpustakaan berbasis WEB dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa, Dosen dan Akademik sebagai media utama aktifitas perkuliyahan.Kata Kunci : Sistem Informasi Perpustakaan, AMIK Indonesia Banda Aceh, Perpustakaan Berbasis WEB.
Pengaruh Kompetensi, Independensi, Pengalaman, Dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Pt Makmur Inti Group Afrizar Pane
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 1 No 1 (2019): AUGUST
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.488 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh kompetensi terhadap kualitas audit, (2) pengaruh independensi terhadap kualitas audit, (3) pengaruh pengalaman terhadap kualitas audit, (4) pengaruh etika auditor terhadap kualitas audit. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah auditor internal PT Makmur Inti Group. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan metode Total Sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh kompetensi berpegaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, (2) pengaruh independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, (3) pengaruh pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, (4) pengaruh etika auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Saran dalam penelitian ini adalah: kepada peneliti berikutnya dapat memperkuat hasil temuan ini dengan melakukan perbaikan dalam metode survey. Dalam proses pengumpulan data ada baiknya peneliti memberikan pengantar dan cara mengisian kuesioner dengan lebih baik. Hal ini untuk menghindari responden menjawab tanpa mengerti petunjuk pengisian kuesioner.Kata kunci: kompetensi, independensi, pengalaman, etika auditor, kualitas audit.
SISTEM INFORMASI REKAM MEDIK PASIEN (STUDI KASUS KLINIK SEULANGA TAPAK TUAN ACEH SELATAN) Adi Ahmad; M. Zawil Aqli
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.93 KB)

Abstract

Klinik Seulanga bergerak sebagai salah satu instansi kesehatan di daerah Tapak Tuan Aceh Selatan ini memiliki banyak pasien yang berobat setiap harinya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pelayanan kesehatan pada Klinik Seulanga pun harus ditingkatkan, mulai dari pelayanan pada saat pasien akan melakukan pendaftaran, kemudian selanjutnya dilakukan pemeriksaan sampai memberikan resep serta mengambil obat yang harus digunakan oleh pasien. Masalah yang terdapat di Klinik ini adalah pada sistem rekam medik atau pendataan pasiennya, dimana data-data yang dibutuhkan saat pelayanan pasien berlangsung masih dicatat dan disimpan secara manual yang mengakibatkan sering terjadinya kesalahan dalam pencatatan data pasien yang disimpan masih berupa buku, sehingga terjadi penumpukan data dan keamanan dari datanya kurang terjamin, selain itu pembuatan laporan harian dan laporan bulanan membutuhkan waktu yang lama dan sering terjadinya kesalahan dalam penulisan dan perhitungan jumlah kasus di Klinik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membantu proses pelayanan kesehatan terhadap rekam medik pasien yang membutuhkan data-data di setiap prosesnya, sehingga memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efektif serta efesien dan juga dukungan untuk pengolahan data dan menginput data rekam medik yang baik. Melihat permasalahan yang ada maka metode penelitian yang digunakan dalam perancangan sistem informasi rekam medik pasien ini adalah metode observasi, wawancara dan diteratur. Perancangan perangkat lunak sistem aplikasi rekam medik pasien yang penulis rancang terdiri dari beberapa tahapan yaitu rancangan masukan, rancangan keluar, rancangan data base, rancangan proses, rancangan proses, rancangan kontrol, rancangan waktu,rancangan tenaga kerja dan rancangan biaya. Dengan menggunakan sistem yang baru ini diharapkan dapat menghasilkan sistem informasi yang baik dan teratur, dapat mempercepat proses pengolahan data pasien, dapat mencegah terjadinya kerangkapan data, serta memudahkan dalam pembuatan laporan. Kata Kunci :Rekam Medik,Pasien, Klinik
KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MIN MESJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH Rika Dewi
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.09 KB)

Abstract

Kinerja guru dalam proses pembelajaran adalah hasil kerja seorang guru, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan wewenangnya berdasarkan standar kinerja yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: kemampuan dan ketepatan, kualitas, inisiatif, dan kendala guru dalam meningkatkan proses pembelajaran pada MIN Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru-guru dalam membuat RPP di sekolah sudah ada, sebagaimana terlihat saat melakukan proses pembelajaran guru merasa tidak bingung dan kesulitan lagi, karena semua bahan ajar sudah disiapkan, sesuai dengan kompetensi yang dirumuskan secara jelas dan konkrit. Namun demikian, proses pembelajaran belum sepenuhnya sukses, karena masih ada sebahagian guru yang belum tepat menggunakan RPP pada saat proses pembelajaran berlangsung; (2) Kualitas dan inisiatif guru dalam proses pembelajaran terlihat masih masih belum baik, seperti Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru belum semuanya berkualitas, kemudian guru kurang memiliki keterampilan bertanya dengan pertanyaan terbuka terhadap siswa, dimana pertanyaan yang sering diberikan guru adalah pertanyaan tertutup, karena kurangnya menguasai bahan ajar yang lebih luas. Kondisi ini membuat sebahagian siswa kurang dapat mengembangkan daya pikir, imajinasi dan analisis yang tinggi dalam belajar, sehingga dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa belum mengalami peningkatan yang signifikan, karena guru hanya mempersiapkan semua tuntutan proses pembelajaran; dan (3) Kendala yang ditemui kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru antara lain: kurang tersedianya dana untuk pelatihan guru di luar jam dinas, masih ada sebagian kecil guru kurang aktif dan hasil penataran belum mampu mengimbas kepada temannya, guru juga masih kurang dalam penguasaan landasan kependidikan, sehingga hal ini berdampak terhadap peningkatan kinerja dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci: Kinerja Guru, Proses Pembelajaran, dan MIN Mesjid Raya
MENGAJAR LISTENING MENGGUNAKAN VIDEO KARTUN DAN TPR UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Riyan Maulana; Rahmad Muliana
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.178 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan Kartun Video Bahasa inggris yang diombinasikan dengan teknik Total Physical Response (TPR) dalam mengajar listening. Total Physical Response adalah metode pengajaran bahasa yang pratekkan berkonsep koordinasi ucapan dan tindakan. Penelitian ini difokuskan pada beberapa hal berikut sperti: a. bagaimana penggunaan bahasa inggris kartun video melalui Total Physical Response dapat meningkatkan prestasi siswa dalam Listenning bahasa inggris. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas VIIB dengan total sampel sebanyak 26 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan pada taggal 4 November, 2019 dan selesai pada 8 November 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data dari tes dianalisis menggunakan Uji -T untuk mengetahui nilai T nya. Skor dari pre-test dan post-test dapat menjadi bukti apakah ada peningkatan terhadap nilai mereka setelah melakukan penelitian. Pada percobaan ini, penulis menggunakan tingkat nilai level signifikansi 5% (0.05) alpha seperti yang biasanya digunakan dalam psikologis dan pada penelitian pendidikan pada umumnya. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 34. Derajat kebebasan (df) sebagai berikut n-1= 26-1=25. Nilai T-tabel untuk 25 adalah 2.05954. Diperoleh nilai t= 7.15, sehingga t-value lebih tinggi dari nilai kritis pada tabel (t=7.15> t tabel = 2.05954). Kata kunci: TPR Metode Mengajar Listening dan Video Kartun.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS E-COMMERCE PADA CV. CITRA BERSAMA BANDA ACEH Siti Saleha; Adi Ahmad
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.384 KB)

Abstract

CV. Citra Bersama adalah sebuah tataran usaha yang bergerak pada bidang penjulan produk bahan makanan yang berlokasi di Banda Aceh. Sistem Informasi di CV. Citra Bersama saat ini sudah menggunakan komputer, namun aplikasi yang digunakan masih sangat sederhana dan terbatas. Mengingat perkembangan teknologi informasi sekarang ini telah berkembang dengan sangat pesat khususnya dalam proses kegiatan jual beli, sangat tidak memungkinkan lagi jika hanya sebatas mengandalkan aplikasi Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel sebagai pengelola datanya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancangSistem Informasi Penjualan Barang Sembako Berbasis E-Commerce pada CV. Citra Bersama. Adapun metodologi yang digunakan dalam penulisan ini yaitu dengan menggunakan metode studi lapangan dan studi kepustakaan. Dari hasil perancangan sistem informasi tersebut maka dapat menghasilkan output berupa laporan data barang, laporan barang masuk, laporan stok barang serta laporan penjualan keseluruhan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjawab segala kelemahan yang selama ini ada.Kata Kunci : Sistem, Penjualan, E-Commerce
MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR Emil Biyansyahna; Riyan Maulana
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (990.276 KB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang peningkatan Kosakata Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan gambar (Sebuah Experimental Study di SMP Negeri 1 Salang, Simeulue). Gambar digunakan sebagai media dalam proses pengajaran. Penelitian ini difokuskan pada hal- hal berikut: 1).Bagaimana guru meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan gambar? dan 2) apa tanggapan siswa terhadap penggunaan gambar dalam meningkatkan kosa kata mereka? Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B dengan total sampel 27 siswa baik untuk sampel pre-Test dan sampel pada kelas post testnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan sejak 4 November, 2019 dan selesai pada tanggal 8 November 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus-T untuk mengetahui Skor-t. Skor pre-Test dan post-test dapat menjadi bukti adanya peningkatan setelah melakukan penelitian ini. Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan 5% (0,05) level Alfa (α) signifikansi. Jumlah siswa dalam studi ini adalah 27. Level kebebasan (DF) adalah n-1 = 27-1 = 26. Untuk 5% level Alfa dan 27 level kebebasan, tidak ada nilai yang tepat pada tabel distribusi, namun kita dapat mencari untuk mendapatkan nilai yang paling dekat dari Skor kritis di tabel distrtibusi. Peneliti mendapat nilai t-Scorenya 16,15, sehingga nilai t lebih tinggi dari Skor kritis di tabel distribusi (t = 16.15 > t tabel = 2,035) sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan gambar untuk kelas eksperimental terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan tanpa gambar dalam mengajar Kosakata Bahasa Inggris. Ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.Keyword: mengajar reading, gambar, kosa kata