Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 9, No 1 (2012)

MODEL PEMECAHAN MASALAH DAN PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN YANG DI-UN-KAN

- Suwarno (FISIP Universitas Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memetakan hasil ujian nasional peserta didik pada mata Pelajaran yang Di UN kan, 2) mengidentifikasi faktor penyebab rendahnya daya serap peserta didik, dan 3) mengembangkan model alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh sekolah yang ada di wilayah kabupaten kota (Kota Palangkarya dan Kabupaten Sukarama). Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (Cluster), yaitu sampel dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan 4 sekolah untuk kota palangkaraya yang meliputi 2 sekolah Negeri dan 2 sekolah swasta, dan 3 sekolah Menengah Atas untuk kabupaten sukamara yang meliputi 2 sekolah negeri dan 1 sekolah swasta. Penarikan sampel sekolah swasta dengan pertimbangan agar juga dapat diketahui perkembanagan kemampuan peserta didik yang sekolah di swasta.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...