Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2019)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NELOMBU

Nurlian, Nurlian (Unknown)
Rusmin, Lisnawati (Unknown)
Arihi, La Ode Safiun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi Menjaga Keutuhan NKRI dapat ditingkatkan melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di Kelas V SDN 1 Nelombu? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di Kelas V SDN 1 Nelombu Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahwa pada siklus I 11 siswa tuntas belajar dengan persentase sebasar 68,8% dan rata-rata 67,14 sedangkan pada siklus II 15 siswa tuntas belajar dengan persentase sebesar 93,8% dan rata-rata 77,86. Pada siklus I persentase aktivitas mengajar guru pertemuan pertama adalah 73,33% dan pertemuan kedua 86,67% sedangkan pada siklus II persentase aktivitas mengajar guru pertemuan pertama sebesar  93,33% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama adalah 73,33% dan pertemuan kedua 86,67% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 93,33% dan 100% pada pertemuan kedua. Disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi pokok Menjaga keutuhan NKRI di kelas V SDN 1 Nelombu Kabupaten Kolaka.Kata kunci: Model pembelajaran; Number Head Together; hasil belajar PKn

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...