cover
Contact Name
La Ili
Contact Email
sava.ili78@gmail.com
Phone
+6285232535473
Journal Mail Official
sava.ili78@gmail.com
Editorial Address
Gedung Jurusan PGSD, Jl. HEA. Mokodompit, Kampus Bumi Tridarma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggar. Kode Pos 93132
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 26560402     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jipsd
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah dasar
Articles 72 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VC SD NEGERI 19 KENDARI PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA Mbona, Wa Ode Yuyun; Rusmin, Lisnawati; Hasan, Sakka; Arihi, La Ode Safiun
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.44 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v2i1.13793

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas VC SD Negeri 19 Kendari pada Tema Panas dan Perpindahannya. Jenis penelitin ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat 16 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 75 dengan ketuntasan sebesar 57,14%, dan terdapat 12 orang siswa atau 42,86% yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 67,92. Siklus II terdapat 23 siswa telah mencapai nilai ≥ 75 dengan ketuntasan sebesar 81,14%, dan terdapat 5 orang siswa atau 17,86% yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 79.Kata Kunci: model problem based learning (PBL), hasil belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TEHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN 26 KENDARI Shintya, Febrianty; Rusmin, Lisnawati; Arihi, La Ode Safiun
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.602 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v2i2.13884

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian The Non Equivalent Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri  26 Kendari tahun ajaran 2018/2019 yang  terdiri dua kelas IV.A dan IV.B. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.A SD Negeri 26 Kendari yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN 26 Kendari dengan nilai    = 2.181 >  = 2.021dan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,018 < α = 0,05.Kata Kunci: Model problem based learning;  pemahaman konsep
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA MATERI MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SDN 7 KABANGKA KABUPATEN MUNA Salmina Salmina; Sakka Hasan
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.137 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5657

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama melalui penrapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN 7 Kabangka Kabupaten Muna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 58,33% dengan  nilai rata-rata 69,58 meningkat menjadi 83,33% pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,66 . Di samping itu, terjadi peningkatan aktivitas mengajar guru dari siklus I 84,21% menjadi 92,10%. Pada hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 81,81% meningkat menjadi 90,90%. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SDN 12 POASIA Muh. Syukri Sarfat; La Ode Safiun Arihi
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.897 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5666

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi system pemerintahan desa dan kecamatan kelas IV SDN 12 Poasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 12 Poasia dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Adapun prosedur dalam  penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,93%.  dengan persentase ketuntasan 66,66%, siklus 2 sebesar 87,87% dengan persentase ketuntasan 75,15%. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 61,11%, sedangkan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 94,66%, dan aktivitas belajar siswa memperoleh rata-rata persentase pada siklus I yaitu 50%, kemudian rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada setiap siklus dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan di kelas IV SDN 12 Poasia Kota Kendari.Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI LEMBAGA NEGARA SESUAI UUD 1945 SERTA HASIL AMANDEMEN MELALUI PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 TALATA Musnianingsi, Musnianingsi; Hasan, Sakka; Rusmin, Lisnawati
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.496 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i2.11039

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi Lembaga Negara Sesuai UUD 1945 serta Hasil Amandemen di kelas VI SDN 1 Talata Kabupaten Kolaka Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi Lembaga Negara Sesuai UUD 1945 serta Hasil Amandemen melalui penerapan strategi belajar peta konsep di kelas VI SDN 1 Talata Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan evaluasi tes siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 11 dari 22 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 50% dengan nilai rata-rata 65,3, dan pada siklus II terdapat 18 dari 22 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 81,8% dengan nilai rata-rata 75,1. Disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi Lembaga Negara Sesuai UUD 1945 serta Hasil Amandemen di kelas VI SDN 1 Talata Kabupaten Kolaka Timur.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Peta Konsep, Hasil Belajar, PKn
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK KOPERASI DI KELAS IVB SDN13 POASIA KENDARI Trisnawati, Ni Kadek; La Anse, La Anse; Rafiuddin, La Ode
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.778 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i2.11048

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi koperasi di kelas IVB SDN 13 Poasia melalui model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVB SD Negeri 13 Poasia dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 6 Januari 2016 s/d 30 Januari 2016. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Adapun prosedur dalam  penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IVB SD Negeri 13 Poasia. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh yang berkaitan dengan  hasil belajar siswa pada siklus I 66,66 % atau sebanyak 16 orang dari 24 siswa yang tuntas memperoleh  nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata 68,83. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan II pada materi yang perbedaan koperasi dengan badan usaha lain 88,33%.  dan pada siklus II pertemuan 2 pada materi perbedaan koperasi dan macam-macam koperasi meningkat menjadi 87,5% atau sebanyak 21 orang dari 24 siswa yang tuntas memperoleh nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata 80,25Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI MELALUI STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) SISWA KELAS VB SDN 4 RANOMEETO Apriyani, Lilis; Rabani, La; M, Mansyur
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.11 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v2i1.13694

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa karena dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dan belum pernah menggunakan strategi yang tepat untuk mempermudah siswa dalam memahami dan mengingat suatu bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah;  Apakah strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan siswa kelas VB di SDN 4 Ranomeeto? Penelitian ini bertujuan; Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan membaca pemahaman teks narasi pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan siswa kelas VB di SDN 4 Ranomeeto melalui strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R);  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB di SDN 4 Ranomeeto tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 28 siswa. Penelitian ini difokuskan kepada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah menerapkan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis  deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB dengan  ketuntasan belajar siswa mencapai 57,14% dengan rata-rata nilai siswa sebesar 59,0 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II mencapai  78,57% dengan rata-rata nilai siswa mencapai 78,96. Berdasarkan Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman teks narasi pada siswa kelas VB SDN 4 Ranomeeto.Kata kunci:  Kemampuan Membaca Pemahaman; Teks Narasi, Strategi Preview;  Question  Read Reflect Recite Review (PQ4R)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NELOMBU Nurlian, Nurlian; Rusmin, Lisnawati; Arihi, La Ode Safiun
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.533 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i2.13707

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi Menjaga Keutuhan NKRI dapat ditingkatkan melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di Kelas V SDN 1 Nelombu? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di Kelas V SDN 1 Nelombu Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahwa pada siklus I 11 siswa tuntas belajar dengan persentase sebasar 68,8% dan rata-rata 67,14 sedangkan pada siklus II 15 siswa tuntas belajar dengan persentase sebesar 93,8% dan rata-rata 77,86. Pada siklus I persentase aktivitas mengajar guru pertemuan pertama adalah 73,33% dan pertemuan kedua 86,67% sedangkan pada siklus II persentase aktivitas mengajar guru pertemuan pertama sebesar  93,33% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama adalah 73,33% dan pertemuan kedua 86,67% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 93,33% dan 100% pada pertemuan kedua. Disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi pokok Menjaga keutuhan NKRI di kelas V SDN 1 Nelombu Kabupaten Kolaka.Kata kunci: Model pembelajaran; Number Head Together; hasil belajar PKn
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KNOW WANT-LEARNED (KWL) SISWA KELAS IV-B SD NEGERI 24 KENDARI Qur’ana, Rehzky; M, Mansyur; Rabani, La
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.078 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v2i2.13880

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu sebab rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan yaitu karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih bersifat kovensional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui strategi pembelajaran Know-Want-Learned (KWL) pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV-B SD Negeri 24 Kendari?.” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku melalui penerapan strategi pembelajaran KWL (Know-Want-Learned). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 bertempat di Kelas IV-B SDN 24 Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV-B SDN 24 Kendari, dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 6 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kunatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 55% dengan rata-rata nilai 77,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan rata-rata nilai 84,8. Berdasarakan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Know-Want-Learned (KWL) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV-B SDN 24 Kendari.  Kata Kunci: Strategi pembelajaran KWL;kemampuan membaca pemahaman 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ENERGI DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS III SDN 1 MOSIKU Semramma Patollong; Dorce Banne Pabunga
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.68 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5659

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas III SDN 1 Mosiku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi dan evaluasi tes siklus. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru siklus I mencapai 85%, aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 75% dan hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan sebesar 60,7% dengan nilai rata-rata mencapai 67,5. Aktivitas mengajar guru siklus II mencapai 90%. Aktivitas belajar siswa siklus II mencapai 85%. Hasil belajar siswa siklus II mencapai ketuntasan 89,3% dengan nilai rata-rata 76,8. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan di kelas III SDN 1 Mosiku Kabupaten Kolaka Utara.Kata kunci: Model pembelajaran, Student Teams Achievement Division, hasil belajar, IPA