Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 3 TORONIPA

Sitti Nurhazisa (Universitas Halu Oleo)
Lisnawati Rusmin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok kebebasan berorganisasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN 3 Toronipa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Adapun prosedur dalam  penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Hasil yang diperoleh yang berkaitan dengan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,63%atau sebanyak 7 orang dari 11 siswa yang tuntas memperoleh  nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata 67,72. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 90,90%  atau sebanyak 10orang dari 11 siswa yang tuntas memperoleh nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata 75,45.Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...