Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT-SIFAT SIMETRI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 1 LABULANDA

Daada, Daada (Unknown)
Yasin, Muhammad (Unknown)
Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat simetri bangun datar melalui penerapan model PAIKEM di kelas V SD Negeri 1 Labulanda Kabupaten Buton Utara. Prosedur penelitian yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan evaluasi serta 4) refleksi. Analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung dan mendeskripsikan nilai siswa, rata-rata nilai siswa, ketuntasan belajar, keberhasilan aktivitas mengajar guru dan keberhasilan aktvitas belajar siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil tes belajar siswa siklus I ketuntasan belajar mencapai 64% dengan rata-rata kelas 74 sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 92% dengan rata-rata kelas 77,4. Artinya peningkatan prestasi dari siklus I ke siklus II sebesar 28%. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 59,7% dan 65,3% pada pertemuan kedua, aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertama sebesar 63,9% dan kedua sebesar 84,7%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 91,7% dan aktivitas guru sebesar 94,4%. Disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat-sifat simetri bangun datar di kelas V SDN 1 Labulanda. Kata kunci: Model pembelajaran, PAIKEM, hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...