Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS IV SDN 1 LANOSANGIA

Neliati Neliati (Universitas Halu Oleo)
La Rabani (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan, siswa kelas IV SDN 1 Lanosangia Kabupaten Buton Utara melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif. Hasil yang diperoleh adalah keterampilan menulis karangan pada siklus I yaitu nilai rata-rata 72 dengan persentase ketuntasan secara klasikal mencapai 70 %, pada siklus II nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan secara klasikal  82 %. Aktivitas mengajar guru siklus I mencapai 69 %, siklus II mencapai 92 % sedangkan aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 66%, siklus II mencapai 91%.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Keterampilan Menulis Karangan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...