Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 1 (2020)

PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBANTUAN TALKING STICK UNTUK MENGINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 100 KENDARI

Septiani, Rima (Unknown)
Kaimudin, La Ode (Unknown)
Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas bangun datar melalui penerapan pembelajaran saintifik berbantuan Talking Stick  di kelas IV SD Ngeri 100 Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat 5 siswa yang telah  mencapai nilai ≥ 65 dengan ketuntasan sebesar 78,26  % dan terdapat 18 orang siswa atau 21,73% yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 53,04. Siklus II terdapat 20 siswa telah mencapai nilai ≥ 65 dengan ketuntasan sebesar 86,95 % dan terdapat 3 orang siswa atau 13,04 % yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah  82,60.Kata kunci : Pembelajaran Saintifik Berbantuan Talking Stick; Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...