Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 45, No 1 (2012): April, 2012

Implementasi Model Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa.

Suardana, I Kade (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas, hasil, dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar 4 melalui implementasi model belajar mandiri (Self-Directed Learning-SDL). Model SDL adalah model pembelajaran yang memberikan otonomi bagi mahasiswa dalam mengelola belajarnya dengan langkah-langkah pembelajaran meliputi perencanaan, monitoring, dan evaluasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 34 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha yang memprogram mata kuliah Fisika Dasar 4 pada tahun akademik 2010/2011. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dengan cakupan materi dalam satu semester. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi, Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), tes, angket, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil-hasil penelitian adalah: (1) aktivitas belajar mandiri mahasiswa untuk kategori baik meningkat sebesar 9,8%; (2) hasil belajar mahasiswa dengan nilai A dan B meningkat sebesar 47,1%; dan (3) kemandirian belajar mahasiswa dengan kualifikasi tinggi dan sangat tinggi meningkat sebesar 29,4%, masing-masing dari siklus 1 ke siklus 2. Kata-kata Kunci: hasil belajar, kemandirian belajar, model belajar mandiri

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...