Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 46, No 2 Juli (2013)

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Matematika II Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik

Suarjana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan Buku Ajar Pendidikan Matematika II yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester IV. Pengem-bangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas 5 tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Produk penelitian berupa Buku Ajar Pendidikan Matematika II yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prototipe produk divalidasi oleh ahli isi, ahli desain, ahli media, kemudian dilakukan uji perorangan dan uji kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Data yang didapatkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Dari hasil kuesioner dan wawancara diketahui bahwa buku ajar yang dikembangkan layak diterapkan kepada mahasiswa PGSD. Kata-kata Kunci:pendidikan matematika realistik, buku ajar, model ADDIE

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...