Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013

Video Eksperimen dan Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia

Adnyana, Gede Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2014

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa pada aspek makroskopis, mikroskopis, dan simbolis melalui pembelajaran menggunakan video eks-perimen dan animasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA-1 SMAN 2 Busungbiu semester I tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian adalah pemahaman konsep kimia siswa pada aspek makroskopis, mikroskopis, dan simbolis. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran dengan video eksperimen dan animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa aspek makroskopis, mikroskopis, dan sim-bol.  Siswa memberikan pendapat positif terhadap pembelajaran kimia menggunakan video ekspe-rimen dan animasi. Kata-kata Kunci: video eksperimen, animasi, pemahaman konsep

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...