Prosiding Seminar Nasional MIPA
2013: PROSIDING SEMINAR NASIONAL MIPA UNDIKSHA 2013

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X Dalam Materi Hidrokarbon

Kurniawati, Ivatul Laily (Unknown)
Amarlita, Dhamas Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2013

Abstract

Abstrak   Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar PBL pada materi hidrokarbon, (2) mengetahui kelayakan bahan ajar PBL hasil pengembangan dalam materi pokok senyawa hidrokarbon, dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan media hasil pengembangan dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar PBL. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang mencakup tahap-tahap: define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan ini hanya sampai pada tahap develop. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di SMA Negeri 1 Tulehu, Maluku. Hasil pengembangan adalah bahan ajar berbasis masalah , yang layak digunakan. Efektivitas bahan ajar PBL dilihat dari hasil belajar yang diperoleh dari siswa dalam uji coba lapangan terbatas. Ketuntasan belajar siswa yang menggunakan bahan ajar PBL adalah 100%, atau tidak satu pun siswa yang tidak tuntas belajar.

Copyrights © 2013