Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 6 (2013): Juni 2013

PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI PINYUH

Rubinem, Yuliana (Unknown)
., Suryani (Unknown)
., Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2013

Abstract

Abstrak:Masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Pinyuh.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitaspeserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Pinyuh.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.Kemampuan peneliti merencanakan pembelajaran, berdasarkan IPKG 1 untuk siklus 1 sebesar 3 (baik).Kemudian pada siklus kedua menjadi 4 (sangat baik), dan telah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengacu pada KTSP, silabus dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007.Kemampuan peneliti melaksanakan pembelajaran sudah baik dan melaksanakan pembelajaran berdasarkan RPP yang telah dibuat.Berdasarkan pengamatan menggunakan IPKG 2 untuk siklus 1 sebesar 2,97(cukup), dan pada siklus kedua menjadi 3,95(baik). Aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan signifikan dimana pada pengamatan awal sebesar 49%, kemudian meningkat 19% pada siklus pertama menjadi sebesar 68%, dan pada siklus kedua meningkat sebesar 14% menjadi 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 02 Sungai Pinyuh Kata Kunci:Metode pemecahan masalah, pembelajaran matematika Abstract:The problem in this study is whether the method can improve the problem-solving activities of students in the learning of Mathematics in class IV SDN 02 Sungai Pinyuh. The purpose of this study is to increase the activity of students in the learning of Mathematics in class IV SDN 02 Sungai Pinyuh. This study uses descriptive and qualitative approach to the design of classroom action research. The ability of researchers to plan learning, based IPKG 1 for cycle 1 of 3 (good). Then in the second cycle to 4 (very good), and in accordance with the lesson plan, the syllabus and the Regulation of the Minister of National Education. 41 in 2007. Implement the learning ability of researchers has been well and implement learning based lesson plans that have been made??. Based on observations using IPKG 2 for 1 cycle of 2.97 (enough), and in the second cycle to 3.95 (good). Learners' learning activities increased significantly where the initial observations by 49%, then increased by 19% in the first cycle to 68%, and in the second cycle increased by 14% to 82%. It can be concluded that the use of problem-solving methods can enhance learners' learning activities in the learning of mathematics in class IV SDN 02 Sungai Pinyuh. Key Words: problem-solving methods, the learning of mathematics

Copyrights © 2013