Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 1 (2013): Januari 2013

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE SAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD

maftuhah, siti (Unknown)
., ngatiyo (Unknown)
., aunurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2013

Abstract

Abstract: The Research About the Increase Reading Inception Skill With Structural Analitic Sintetic Method (SAS) Student in Grade of Elementary School. This Research to Describe Whether can Increase Reading Inception Skill Student in Grade of Elementary School. This Research Used a Description Method. The Research is Classroom Action Research Type. Mean Output Plan Learning Used (SAS) in First Cycle in First Meeting is 3.41 and Mean Output in Second Meeting is 3.65%. Mean Output of this Research is Plan Learning Used (SAS) in Second Cycle in First Meeting is 3.71 and Mean Output in Second Cycle is 3.78. Mean Output Implementation of Lerning Used (SAS) in Second Cycle in First Meeting is 3.23 and in Second Meeting is 3.58. Mean Output Implementation of Lerning Used (SAS) in Second Cycle in First Meeting is 3.63 and in Second Cycle in First Meeting is 3.89.Mean Output Reading Inception Skill With Method (SAS) in First Cycle in First Meeting is 53.61 and in Second Meeting is 59.62. Mean Output Reading Inception Skill With Method (SAS) in Second Cycle in First Meeting is 65.43 and in second meeting is 70.42. Abstrak: Penelitian peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan metode Struktural Analisis Sintesis (SAS) dengan media kartu kata di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa di SD. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Rata-rata hasil perencanaan pembelajaran menggunakan metode SAS pada siklus I pertemuan ke-1 yaitu 3.41 dan pada pertemuan ke-2 yaitu 3.65. Rata-rata perencanaan pembelajaran menggunakan metode SAS pada siklus II pertemuan ke-1 yaitu 3.71 dan pada pertemuan ke-2 yaitu 3.78. Rata-rata penerapan metode SAS pada siklus I pertemuan ke-1 yaitu 3.23 dan pada siklus II yaitu 3.58. Rata-rata penerapan metode SAS pada siklus II pertemuan ke-1 yaitu 3.63 dan pada pertemuan ke-2 yaitu 3.89. Rata-rata hasil keterampilan siswa membaca permulaan pada siklus I pertemuan ke-1 yaitu 53.61 dan 59.,62. Rata-rata hasil keterampilan membaca permulaan siswa pada siklus II pertemuan ke-1 yaitu 65.43 dan pertemuan ke-2 yaitu 70,42. Kata kunci: Membaca permulaan, Metode SAS, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2013