Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 2 (2013): Februari 2013

PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI

Yanti, Fransiska (Unknown)
nita, Ros (Unknown)
yarso, Rusti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2013

Abstract

Abstrak: Judul penelitian ini adalah Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran Matematika agar aktivitas belajar siswa meningkat dan memberikan informasi yang jelas dan nyata mengenai penggunaan metode diskusi kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan sifat kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah sebanyak 13 orang siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Nanga BunganKapuas Hulu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah digunakan metode diskusi kelompok pada subjek penelitian, terdapat peningkatan aktivitas dalam pembelajaran Matematika, baik dalam aktivitas fisik, mental, maupun emosional. Kata kunci: aktivitas pembelajaran, metode diskusi kelompok, Matematika Abstract: The title of this research is The Enhancement of Learning Activity in Mathematics with Group Discussion Method on Students of Class V 17 Nanga BunganKapuas Hulu. The aim of this research is to improve Mathematics learning process otherwise the students learning activities increase and give the accurate information about the using of group discussion methods. The research method used was descriptive research in the form of Class Action Research. Subjects were 13 students of SDN 17 Nanga BunganKapuas Hulu. The result of data analysis shows that there was an activities enhancement in learning after the using of group discussion method on research subjects. The enhancement were including in physics, mental, and emotional activities. Key words: learning activity, group discussion, Mathematics.

Copyrights © 2013